SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS 1 SMA MUHAMMADIYAH 2 SUMBERPUCUNG KABUPATEN MALANG

REDDY POERBOWO, REDDY POERBOWO

Abstrak


 Pada Observasi awal yang dilakukan di dikelas XI IPS 1 SMA Muhammadiyah 2 Sumberpucung, menujukan bahwa nilai hasil belajar siswa rendah yaitu banyak siswa yang tidak tuntas atau dibawah KKM..  Pada tanggal 18 Oktober 2017, peneliti melakukan observasi kedua dengan metode penyebaran angket, dari penyebaran angket tersebut didapatkan data yaitu 51,17% siswa merasa metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran menarik dan mudah dipahami, 80,21% siswa menyatakan bahwa media pembelajaran yang digunakan guru menarik dan mudah dipahami 73,32 % siswa menyatakan bahwa materi yang diberikan guru mudah dipahami dan bersifat kontekstual. Dari data yang diatas diketahui bahwa metode pembelajaran yang digunakan oleh guru sulit diterima atau dimengerti oleh siswa.Berdasarkan temuan awal peneliti, maka perlu adanya upaya perbaikan dalam pembelajaran sejarah. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan memanfaatkan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.