SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Pop Up Book sebagai Penunjang Materi Peninggalan Kebudayaan Masa Kerajaan Hindu-Buddha berbasis Koleksi Museum Wajakensis Tulungagung pada Peserta Didik Kelas X MAN II Tulungagung

Yoga Wijaya

Abstrak


ABSTRAK

 

Wijaya, Yoga. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Pop Up Book sebagai Penunjang Materi Peninggalan Kebudayaan Masa Kerajaan Hindu-Buddha berbasis Koleksi Museum Wajakensis Tulungagung pada Peserta Didik Kelas X MAN II Tulungagung. Skripsi. Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Slamet Sujud Purnawan Jati, M.Hum (2) Aditya Nugroho Widiadi, S.Pd., M.Pd

 

Kata Kunci:    media pembelajaran, pop up book, Hindu-Buddha, Museum

Wajakensis Tulungagung.

 

Terdapat kesulitan tersendiri dalam mempelajari materi terkait periode Hindu-Buddha sehingga diperlukan media pembelajaran yang mampu memberikan penggambaran yang lebih baik untuk mempelajarinya. Salah satu media pembelajaran yang mampu menampilkan penggambaran yang baik adalah pop up book karena memiliki unsur visual yang kuat. Menanggapi hal tersebut maka pop up book dipilih sebagai media pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk media pembelajaran sejarah pop up book sebagai penunjang materi peninggalan kebudayaan masa kerajaan Hindu-Buddha berbasis koleksi Museum Wajakensis Tulungagung, serta mengetahui efektivitas dari produk media pembelajaran sejarah pop up book tersebut.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan dari Sugiyono yang terdiri dari 10 tahap yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian; (9) revisi produk; (10) produksi massal. Tahap terakhir atau produksi masal akan diganti dengan diseminasi atau memberikan produk yang telah dinyatakan layak kepada forum guru seperti MGMP Sejarah Kabupaten Tulungagung.

Produk media pembelajaran yang dihasilkan adalah sebuah pop up book berisi materi terkait contoh benda-benda peninggalan kebudayaan bercorak Hindu-Buddha koleksi Museum Wajakensis Tulungagung dan disertai dengan uji kompetensi sebagai indikator tingkat pemahaman peserta didik. Dalam tahap validasi materi dan tahap validasi media, diperoleh hasil yang menyatakan bahwa pop up book yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Sedangkan untuk tahap uji coba produk (kelas kecil) dan tahap uji coba pemakaian (kelas besar) diperoleh hasil yang menyatakan bahwa pop up book yang dikembangkan sangat sesuai dan dapat digunakan untuk penunjang proses pembelajaran sejarah materi Hindu-Buddha kelas X SMA/SMK/MA.