SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Sejarah Berdasarkan Kurikulum 2013 di Kelas X SMKN 3 Malang

YULIARTI SELLI

Abstrak


ABSTRAK

 

Selli, Yuliarti. 2018. Persepsi Siswa terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Sejarah berdasarkan Kurikulum 2013 di Kelas X SMKN 3 Malang. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Kasimanuddin Ismain,  M.Pd.

Kata Kunci: persepsi, media pembelajaran, penggunaan media pembelajaran sejarah

Penggunaan media pembelajaran sejarah di kelas diperlukan dalam menunjang proses pembelajaran di kelas dan dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi menuntut guru agar kreatif dan inovatif dalam mengajar, salah satunya adalah dengan menggunakan media pembelajaran sejarah di kelas. Penggunaan media pembelajaran sejarah di kelas X oleh guru sejarah SMKN 3 Malang dilakukan secara variatif, baik dari media maupun penggunaannya sehingga memunculkan persepsi siswa terhadap penggunaan media pembelajaran sejarah di kelas X SMKN 3 Malang. Berkaitan dengan hal tersebut, maka diperlukan pembahasan mengenai penggunaan media pembelajaran sejarah di kelas X SMKN 3 Malang.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah persepsi siswa terhadap penggunaan media pembelajaran sejarah di kelas X SMKN 3 Malang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan media pembelajaran sejarah di kelas X SMKN 3 Malang.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian yang berupa paparan kebahasan yang dideskripsikan secara secara detail dan runtut tentang persepsi siswa terhadap penggunaan media pembelajaran sejarah di kelas X SMKN 3 Malang. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan kegiatan triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data, penyajian data, dan tahap verifikasi.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh enam simpulan hasil penelitian sebagai berikut: (1) persepsi siswa terhadap pengertian media pembelajaran sudah cukup memahami pengertian dari media itu sendiri; (2) persepsi siswa terhadap macam-macam media dan jumlah penggunaan suatu media dalam pembelajaran sejarah di kelas dapat dikatakan bahwa guru sudah menggunakan media yang variatif dan jumlah penggunaan setiap media minimal  satu kali; (3) persepsi siswa terhadap penggunaan media pembelajaran sejarah di kelas didasarkan pada guru sejarah masing-masing di kelas, dimana guru mempunyai cara dalam menggunakan media pembelajaran sejarah di kelas; (4) persepsi siswa terhadap interaksi siswa dalam menggunakan media pembelajaran sejarah di kelas ada yang aktif dan pasif saat guru menggunakan media pembelajaran sejarah di kelas; (5) persepsi siswa terhadap kendala-kendala dalam menggunakan media pembelajaran sejarah di kelas terdapat 3 kendala, yaitu kendala dari guru, siswa, dan teknis; (6) persepsi siswa terhadap peranan penggunaan media pembelajaran sejarah di kelas dapat dikatakan bahwa dengan adanya penggunaan media pembelajaran sejarah di kelas membantu guru dan siswa dalam pembelajaran sejarah.