SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PEMANFAATAN PUSLITKOKA INDONESIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH KHUSUSNYA SEJARAH LOKAL PADA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 JENGGAWAH SEMESTER GENAP 2017/2018

Rendi Andrian

Abstrak


ABSTRAK

 

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penggunaan PUSLITKOKA Indonesia sebagai sumber belajar khususnya sejarah lokal pada kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jenggawah, dan (2) mendeskripsikan kelebihan dan kendala selama penggunaan PUSLITKOKA Indonesia sebagai sumber belajar khuusnya sejarah lokal pada kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jenggawah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil observasi siswa selama menggunakan PUSLITKOKA Indonesia sebagai sumber belajar adalah sebesar 77,10% dengan kriteria baik. Sedangkan nilai aktivitas siswa selama menggunakan PUSLITKOKA Indonesia sebagai sumber belajar meliputi kesiapan sebesar 81%, perhatian 77% dan ketepatan sebesar 74%. Kesimpulan dari penelitian yang telah dilaksanakan adalah penggunaan PUSLITKOKA Indonesia sebagai sumber belajar sejarah menunjukan kriteria baik dan mampu membuat siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jenggawah memiliki pengalaman belajar secara langsung.