SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 KAUMAN TULUNGAGUNG

Ika Antisna

Abstrak


ABSTRAK

 

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah (1) mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Question Student Have pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung, dan (2) mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Question Student Have untuk meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil observasi keaktifan siswa pada siklus I menunjukkan rata-rata keaktifan siswa sejumlah 62,9 meningkat menjadi 74,4 pada siklus II yang artinya terjadi peningkatan sebesar 11,9. Sedangkan nilai keaktifan klasikal pada siklus I sebesar 50% meningkat menjadi 75,8% pada siklus II yang artinya terjadi peningkatan sebesar 25,8%. Kesimpulan dari penelitian yang telah dilaksanakan adalah bahwa model pembelajaran Question Student Have dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung.