SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL ANIMASI MOTION COMIC BERBASIS ADOBE AFTER EFFECTS CS 6 PADA MATERI ORGANISASI BUDI UTOMOKELAS X SMKN 1 BATU

Zulfa Fitri

Abstrak


ABSTRAK

 

Organisasi Budi Utomo sebagai tonggak sejarah kebangkitan nasional penting untuk dipahami siswa lebih mendalam. Peran organisasi Budi Utomo tidak hanya dalam pendidikan melainkan melalui persatuan dan konsep cinta tanah air. Dengan memahami kebangkitan nasional yang dimulai dari adanya Budi Utomo, diharapkan siswa akan lebih menghayati peran perjuangan para pendiri bangsa dan meneruskan perjuangan untuk membuat bangsa Indonesia menjadi lebih baik. Namun, saat ini siswa hanya menganggap Hari Kebangkitan Nasional sebagai seremonial belaka tanpa memahami lebih dalam peristiwa sejarah menuju kebangkitan nasional tersebut. Hal ini dikarenakan media penyampaian peristiwa sejarah yang didapatkan siswa cenderung monoton, sehingga pesan yang harus tersampaikan melalui media sulit didapatkan siswa.

Berdasarkan kondisi tersebut, diperlukan adanya media pembelajaran yang sesuai dengan ketertarikan siswa pada era milenial ini, yaitu media pembelajaran berbasis teknologi. Salah satunya adalah media pembelajaran Motion Comic berbasis Adobe After Effects CS6.Melalui penggabungan media komik digital dan animasi, siswa akan lebih tertarik untuk memahami peristiwa sejarah, karena pada dasarnya manusia merupakan homo ludens yang senang bermain. Membaca komik dan menonton film merupakan salah satu bentuk permainan pasif. Unsur gambar dapat membantu siswa untuk memahami terhadap makna dari cerita.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi dari metode penelitian dan pengembangan dari Sugiyono. Metode ini memiliki sepuluh tahap, namun dalam penelitian ini hanya digunakan sembilan tahap. Adapun tahapan-tahapannya sebagai berikut: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian; (9) revisi produk. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi ahli materi dan media, angket respon siswa dan tes (pre-test dan post-test).

Produk tersebut telah melalui ujivalidasi dari ahli materi menunjukkan persentase sebesar 92,5% dan 95% dari ahli media. Hasil uji coba yang dilakukan kepada kelompok kecil menunjukkan persentase sebesar 87,6% dan 83,8% dari uji kelompok besar. Diperoleh data hasil pre-test yaitu menunjukkan nilai rata-rata sebelum menggunakan produk sebesar 49,7 dan hasil post-test stelah menggunakan produk sebesar 86,02.Kesimpulan dari hasil persentase di atas yaitu media pembelajaran Motion Comic berbasis Adobe After Effects CS6 yang dikembangkan valid dan efektif, sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk mempermudah proses pembelajaran siswa.