SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Persepsi Kepala Sekolah terhadap Kemampuan Mengajar Guru Non Pendidikan Sejarah dalam Pembelajaran Sejarah SMA Sederajat di Kabupaten Malang

Saatul Mukaromah

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam mengenai kemampuan mengajar guru non pendidikan sejarah dalam pembelajaran sejarah SMA Sederajat di Kabupaten Malang dan mendeskripsikan mengenai persepsi kepala sekolah terhadap kemampuan mengajar guru non pendidikan sejarah dalam pembelajaran sejarah SMA Sederajat di Kabupaten Malang. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Prosedur yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi langsung, wawancara, dokumentasi, pengolahan data dan analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan mengajar guru non pendidikan sejarah dalam pembelajaran sejarah SMA Sederajat di Kabupaten Malang sudah cukup baik dalam mengelola atau mendesain pembelajaran dikarenakan memang mereka berasal dari kependidikan, tetapi dalam hal penguasaan materi sejarah belum mendalam sehingga berdampak pada kurangnya pemahaman siswa terhadap sejarah, kesadaran siswa terhadap sejarah dan berpikir kritis siswa terhadap sejarah. Adapun persepsi kepala sekolah terhadap kemampuan mengajar guru non pendidikan sejarah dalam pembelajaran sejarah SMA Sederajat di Kabupaten Malang tidak sepenuhnya mendukung dalam implementasi pembelajaran sejarah yang dilakukan oleh guru non pendidikan sejarah. Dalam pengembangan penelitian ini ke arah lebih lanjut, peneliti memberikan saran diharapkan ada penelitian mengenai kajian pengembangan sumber belajar sejarah dan kajian mengenai persepsi guru sejarah terhadap keterbatasan sumber belajar sejarah di SMAN 1 Sumberpucung, MAN Gondanglegi dan SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo.

Kata Kunci: kemampuan mengajar guru, pembelajaran sejarah, persepsi