SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BASIS ANDROID “HISTORY MODUL & QUIZ” (HIMOQUIZ) VIA APLIKASI CONSTRUCT 2 PADA MATAPELAJARAN SEJARAH PEMINATAN K.D. 3.3 MATERI PERKEMBANGAN & DAMPAK PERANG DINGIN

Ari Andriansyah

Abstrak


Penelitian pengembangan ini didasari oleh keadaan bahan ajar sejarah yang tersedia di sekolah mayoritas berwujud cetak atau kertas. Oleh sebab itu memperburuk citra sejarah bahwa matapelajaran sejarah tergolong kuno dan membosankan. Penelitian ini menghasilkan produk bahan ajar berupa aplikasi yang dapat digunakan di dalam smartphone Android, aplikasi tersebut bernama Himoquiz. Produk aplikasi ini dikembangkan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik, selain untuk mengubah pandangan orang terhadap sejarah yang selalu identik dengan kuno. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan dari Sugiyono. Ketika produk dinilai oleh validator materi mendapat presentase nilai sebesar 98%, sedangkan dari hasil validasi media mendapat presentase sebesar 81%, sehingga produk dikategorikan valid dan sudah layak. Dari hasil uji kelompok kecil didapat kenaikan presentase motivasi sesudah penggunaan produk dari 62% menjadi 69%, sedangkan berdasarkan uji kelayakan mendapat presentase sebesar 72%. Dari hasil uji coba kelompok besar memperoleh kenaikan presentase motivasi sesudah penggunaan dari 69% menjadi 76%, sedangkan berdasar uji kelayakan mendapat presentase sebesar 78%. Berdasarkan uji kelompok kecil maupun besar didapat kesimpulan bahwa produk Himoquiz layak digunakan dan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Aplikasi Android, Himoquiz, Motivasi Belajar