SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Dinamika dan Nilai-nilai Edukasi Kesenian Can-macanan Kadhuk di Kelurahan Sumbersari Kecamatan Sumbersari Jember (1983-2016)

Aguk Setiawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Can-macanan Kadhuk merupakan kesenian khas Kabupaten Jember, kesenian ini lahir dari kebudayaan Pandalungan. Istilah Can-macanan Kadhuk tersebut menggunakan dialek bahasa Madura yang artinya replika harimau yang terbuat dari karung goni. Kesenian ini diperkirakan muncul dari tradisi pekerja kebun ketika mereka harus menjaga kebun dari serangan hewan liar yang kemudian dikembangkan menjadi sebuah kesenian rakyat. Dalam perjalanannya kesenian ini mengalami pasang surut, pernah vakum selama bertahu-tahun dan hampir saja dilupakan oleh masyarakat Kabupaten Jember. Kurangnya dukungan dari pemerintah menyebabkan kesenian ini sulit berkembang dan turunnya minat penonton akibat globalisasi dimana masyarakat lebih tertarik pada kesenian modern dan memandang sebelah mata kesenian tradisional.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah Dinamika seni pertunjukan Can-macanan kadhuk Persatuan Pencak Silat Tradisional Bintang Timur di Kelurahan Sumbersari Kecamatan Sumbersari?, (2) Apa saja nilai edukasi yang terkandung dalam pagelaran seni Can-Macanan Kadhuk Persatuan Pencak Silat Tradisional Bintang Timur?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan cara untuk melakukan pengecekan keabsahan data adalah melalui perpanjangan pengamatan dan trianggulasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kesenian Can-macanan Kadhuk PPST Bintang Timurdalam perkembangannya telah mengalami dinamika, sehingga bentuknya menjadi seperti sekarang. Dinamika yang terjadi dalam kesenian Can-macanan Kadhuk PPST Bintang Timur ini secara garis besar terdiri dari tiga unsur. Dinamika pertama dapat dilihat dari unsur tokoh yang ditampilkan pada saat pementasan, yaitu tokoh monyet babi hutan dan ayam jago hilang dari pementasan, hilangnya tokoh binatang inti tersebut disebabkan oleh munculnya tokoh binatang baru berwujud Burung Garuda.

Dinamika kedua dapat dilihat dari unsur musik pengiring pementasan. Grup PPST Bintang Timur berkreasi dengan menghadirkan berbagai macam variasi-variasi baru, di antaranya adalah penggunaan lagu campursari, lagu dangdut, dan lagu Madura serta osing dalam pementasan serta mengkombinasikan alat musik utama kesenian Can-macanan yang terdiri dari  kendang, gamelan gaya Bali dan jidor dengan gitar, ketipungdan keyboard. Dinamika ketiga dapat dilihat dari unsur tata busana.yaitu pada kostum macan, di era lama (tahun 1942-1983) kostum badan macan terbuat dari karung goni,  penggunaan karung goni ini menjadi cikan bakal penamaan kesenian ini yaitu Can-macanan Kadhuk. Hal tersebut sangat berbeda apabila dibandingkan dengan pementasan era baru (tahun 2012-sekarang). Pada era baru Kostum badan macan telah diganti dengan kain yang bagian luarnya di beri anyaman tali rafia yang ujungnya dibiarkan merumbai agar menyerupai bulu. Ada banyak nilai-nilai edukasi yang terkandung di dalam pertunjukan kesenian Can-macanan Kadhuk yaitu nilai kerukunan dan nilai persaudaraan, nilai nasionalisme, nilai cinta lingkungan. Nilai-nilai edukasi ini sangat penting bagi masyarakat terutama untuk generasi muda. Oleh karena itu kesenian Can-macanan Kadhuk ini diharapkan bisa masuk sebagai muatan lokal dalam pembelajaran siswa di seklolah khususnya dikabupaten Jember.

Saran untuk peneliti selanjutnya adalah (a) Mengembangkan aspek historis kesenian Can-Macanan Kadhuk, terutama mengenai makna simbol macan dalam kesenian Can-Macanan Kadhuk.(b) Mengembangkan dan memperdalam kajian mengenai segala aspek dinamika yang terjadi di suatu grup kesenian Can-Macanan Kadhuk, terutama dalam unsur-unsur pementasannya.(c) Memperdalam kajian mengenai Unsur gerak pakem tari dari Can-Macanan Kadhuk. (d) memperdalam kajian tentang kesenian tradisional Kabupaten Jember.

Kata kunci:Kesenian Can-macanan Kadhuk, Dinamika, Nilai Edukasi