SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Kemuhammadiyahan Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMA Muhammadiyah 1 Babad Lamongan

Ummu Mahmudah

Abstrak


ABSTRAK

 

SMA Muhammadiyah 1 Babat sebagai salah satu pendidikan Muhammadiyah harus menanamkan nilai pendidikan karakter yang tidak hanya nilai karakter yang digagas pendidikan nasional akan tetapi juga menanamkan nilai karakter dengan tujuan pendidikan Muhammadiyah yaitu nilai karakter keMuhammadiyahan. Nilai keMuhammadiyahan yang di tanamkan oleh peserta didik dapat dilaksanakan di dalam kelas maupun di luar kelas, penanaman nilai keMuhammadiyahan yang ditanamkan di dalam kelas yaitu melalui pembelajaran salah satunya pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) implementasi nilai pendidikan karakter keMuhammadiyahan dalam pembelajaran sejarah di SMA Muhammadiyah 1 Babat, (2) faktor pendukung dan penghambat dalam proses pelaksanaan nilai karakter keMuhammadiyahan di SMA Muhammadiyah 1 Babat. Jenis penelitian ini menggunakan teknik kualitatif deskriptif dan data dikumpulkan dengan analisis dokumen, observasi proses pembelajaran sejarah, dan wawancara serta angket. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa guru di SMA Muhammadiyah sejak awal sudah menanamkan nilai karakter keMuhammadiyahan dengan menyisipkan dalam suatu materi sejarah namun nilai karakter tersebut tidak secara tertulis eksplisit tercantum dalam RPP, adapun nilai keMuhammadiyahan yang bisa ditanamkan oleh guru yaitu sesuai dengan nilai yang ada pada janji pelajar Muhammadiyah. Proses penanaman nilai karakter keMuhammadiyahan terdapat faktor pendukung dan penghambat, namun kepala sekolah SMA Muhammadiyah 1 Babat mengharapkan untuk meningkatkan kerja sama semua guru dalam menanamkan nilai karakter keMuhammadiyahan sehingga terwujud sesuai dengan visi dan misi SMA Muhammadiyah 1 Babat Lamongan.