SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Sejarah di SMAN 1 Tumpang

Lia Afidah

Abstrak


Model pembelajaran Treffinger merupakan model pembelajaran yang dirancang untuk pembelajaran kreatif. Namun, dalam penelitian ini lebih menekankan aspek berpikir kritis karena hal tersebut relevan dengan pembelajaran Sejarah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: pertama, kemampuan berpikir kritis siswa yang tidak diajar menggunakan model pembelajaran Treffinger dalam pembelajaran sejarah di SMAN 1 Tumpang. Kedua, kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran Treffinger dalam pembelajaran sejarah di SMAN 1 Tumpang. Ketiga, pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran sejarah di SMAN 1 Tumpang.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Menggunakan pendekatan Quasi Experiment dengan rancangan Noequivalent Control Group Design. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis pengaruh regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini adalah Pertama kemampuan berpikir kritis siswa kelas yang tidak diajar menggunakan model pembelajaran Treffinger mengalami peningkatan secara signifikan sebesar 44,3%. Kedua, kemampuan berpikir kritis siswa kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Treffinger mengalami peningkatan secara signifikan sebesar 68,3%. Ketiga, pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 32,6%.