SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Hasil Belajar Antara Peserta Didik yang Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Game Kahoot! dengan Microsoft PowerPoint pada Matapelajaran Sejarah Kelas XII SMKN 7 Malang

Ayu Keluanan

Abstrak


ABSTRAK

 

Keluanan, Ayu. 2018. Perbedaan Hasil Belajar Antara Peserta Didik yang Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Game Kahoot! dengan Microsoft PowerPoint pada Matapelajaran Sejarah Kelas XII SMKN 7 Malang.Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Dewa Agung Gede Agung, M.Hum.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Game Kahoot!, dan Hasil Belajar

Peserta Didik

Penggunaan media pembelajaran powerpoint oleh guru sejarah masih belum maksimal.Terutama jika powerpoint tersebut digunakan pada jurusan Multimedia di SMK. Peserta didik tidak selalu memperhatikan media powerpoint yang diberikan oleh guru. Mereka lebih fokus menggunakan smartphone mereka. Hal itu dibuktikan dengan hasil belajar peserta didik yang masih rendah, khususnya pada materi demokrasi liberal. Guru harus mampu memilih media yang sesuai dengan kriteria peserta didik yang suka menggunakan smartphone.Salah satu alternatifnya adalah dengan menggunakan media pembelajaran berbasis game kahoot!. Game juga memiliki fungsi untuk melatih konsentrasi belajar supaya hasil belajar dapat meningkat. Berdasarkan hal tersebut, maka diperlukan penelitian tentang bagaimana perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan game kahoot! dengan powerpoint.

Penelitian ini menggukan pendekatan kuantitif dengan jenis penelitian eksperimental semu (Quasi Experimental Design) dengan bentuk desain non-equivalent control grup design. Pada penelitian ini, kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi kahoot!. Sedangkan pada kelas kontrol, pemberian perlakuan berupa penggunaan media pembelajaran powerpoint. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XII SMKN 7 Malang tahun ajaran 2017/2018. Sampel diambil dengan cara nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling, sehingga ditentukan bahwa kelas XII MM 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII MM 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji t (independent sample t-test).

Hasil penelitian yang didapatkan pada kelas kontrol berupa rata-rata nilai pre-test sebesar 43.04 dan rata-rata nilai post-test sebesar 77.86 dengan peningkatan sebesar 80.90%. Pada kelas eksperimen, rata-rata nilai pre-test yang didapatkan adalah sebesar 40.74 dan rata-rata nilai post-test sebesar 84.63 dengan peningkatan sebesar 107.73%. Selanjutnya, hasil gainscore yang diperoleh kelas kontrol adalah 34.82 dan gainscore kelas eksperimen adalah 43.89, dimana hasil gainscore kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Setelah melakukan uji t berdasarkan hasil gainscore kedua kelas, didapatkan hasil thitung sebesar 2.74 sedangkan ttabel sebesar 1.674.Sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak atau ada perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan media pembelajaran berbasis game edukasi kahoot!dengan media powerpoint di kelas XII SMKN 7 Malang.