SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN METODE BUZZ GROUP BERBASIS MODEL BERPIKIR INDUKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PADA MATERI PERADABAN LEMBAH SUNGAI NIL DI KELAS X-10 SMAN 1 BOYOLANGU

WARA MUSTIKANINGTYAS

Abstrak


ABSTRAK

 

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pelaksanaan metode buzz group berbasis model berpikir induktif pada materi Peradaban Lembah Sungai Nil di kelas X-10 SMAN 1 Boyolangu, dan (2) untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa kelas X-10 SMAN 1 Boyolangu pada materi Peradaban Lembah Sungai Nil. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan model Kurt Lewin yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil posttest siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa kelas X-10 SMAN 1 Boyolangu meningkat menjadi 71 atau sebanyak 28% siswa telah memenuhi nilai KKM  ≥75. Hasil tersebut meningkat lagi pada posttest di siklus II dengan nilai rata-rata mencapai 83 atau sebanyak 93% siswa telah memenuhi nilai KKM  ≥75. Kesimpulan dari penelitian yang telah dilaksanakan adalah bahwa metode buzz group berbasis model berpikir induktif telah efektif meningkatkan pemahaman siswa kelas X-10 SMAN 1 Boyolangu pada materi Peradaban Lembah Sungai Nil.