SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERSEPSI GURU SEJARAH SMA/SMK/MA NEGERI DI KOTA KEDIRI TERHADAP DALANG DI BALIK PERISTIWA G 30 S/PKI TAHUN 1965

Mia Sriandayani

Abstrak


ABSTRAK

 

Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu bagaimana persepsi guru sejarah SMA/SMK/MA Negeri di Kota Kediri terhadap dalang di balik peristiwa G 30 S/PKI tahun 1965. Pendekatan yang digunakan dalam penelitan ini adalah pendekatan kualitatif. Berdasarkan dari pendekatan yang digunakan, maka jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah guru sejarah. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, pemahaman guru sejarah SMA/SMK/MA Negeri di Kota Kediri mengenai peristiwa G 30 S/PKI bisa dikatakan sudah baik. Guru sejarah sudah mampu menjelaskan pendapatnya terkait dengan materi G 30 S/PKI tersebut. Kedua, 13 guru sejarah SMA/SMK/MA Negeri yang telah diwawancarai, sebanyak 9 guru sejarah setuju PKI dalang di balik peristiwa G 30 S/PKI dan yang lainnya mempunyai pendapat tersendiri. Maka, diperoleh kesimpulan bahwa sebagian besar guru sejarah SMA/SMK/MA Negeri di Kota Kediri setuju dengan versi PKI dalang di balik peristiwa G 30 S/PKI. Ketiga, cara guru sejarah SMA/SMK/MA Negeri di Kota Kediri dalam menyampaikan materi G 30 S/PKI sangat beragam. Namun, semua guru sejarah SMA/SMK/MA Negeri di Kota Kediri tetap menghimbau kepada siswa untuk selalu mencintai dan menjaga keutuhan bangsa dan negaranya, agar jangan sampai peristiwa ini terulang kembali.