SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Media Pembelajaran Karikatur Berbasis Sparkol VideoScribe Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IIS 2 di SMAN 1 Tumpang Kabupaten Malang

SUSI SUSANTI

Abstrak


ABSTRAK

 

Susanti, Susi. 2018. Pengaruh Media Pembelajaran Karikatur Berbasis Sparkol Videoscribe Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IIS 2 di  SMAN 1 Tumpang Kabupaten Malang. Skripsi. Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Najib Jauhari, S.Pd, M.Hum.

Sejarah merupakan matapelajaran yang mengajarkan mengenai peristiwa masa lalu yang unik. Unik karena peristiwanya hanya terjadi satu kali. Hal tersebut menjadi tantangan bagi guru sejarah untuk membawa siswa ke dalam peristiwa itu. Agar siswa tertarik terhadap pembelajaran sejarah yang tentu akan berpengaruh pada hasil belajar siswa. Maka untuk mendorong ketertarikan itu, penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual dirasa cukup efektif untuk digunakan Alternatif media yang digunakan yaitu media pembelajaran karikatur berbasis Sparkol VideoScribe. Sehingga diharapkan pembelajaran sejarah tidak terbatas pada pengetahuan fakta-fakta . Dengan demikian, media pembelajaran akan mempermudah guru dalam menyampaikan materi pelajaran secara lebih praktis dan menyeluruh kepada siswa.

Kata Kunci: Sejarah, media pembelajaran, siswa, hasil belajar