SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5 E PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS KELAS XI APK SMK PGRI 2 MALANG

DHITA LARASWATI

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keterlaksanaan model pembelajaran Learning Cycle 5 E pada mata pelajaran sejarah Indonesia kelas XI APK di SMK PGRI 2 Malang, (2) pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5 E terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran sejarah Indonesia kelas XI APK di SMK PGRI 2 Malang. Penelitian ini menggunakan Pre-experiment Design dengan bentuk desain One Group Pretest-Posttest Design. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji One –Sample Kolmogorov-Smirnov Test dan Uji-T. Hasil penelitian ini adalah  (1) rata-rata hasil  pretest sebelum perlakuan memperoleh persentase nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 53,20. Sedangkan rata-rata hasil posttest setelah diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5 E meningkat menjadi 74,53, (2) model pembelajaran Learning Cycle 5 E berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.