SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEOSCRIBE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS 3 SMA NEGERI 1 SUMBERPUCUNG KABUPATEN MALANG

RIDHO AMINULLOH

Abstrak


ABSTRAK

 

Pada observasi awal, yang dilakukan pada 27 September 2017 di SMAN 1 Sumberpucung Malang kelas X IPS 3 peneliti memperoleh data tentang proses pembelajaran. Temuan masalah yang terjadi di antaranya adalah tingkat ketuntasan hasil belajar. Dilihat dari nilai yang rendah menurut Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang diterapkan di SMAN 1 Sumberpucung Malang yaitu ≥75. Hasil belajar yang rendah dipengaruhi oleh beberapa faktor  antara lain adalah kurangnya guru memanfaatkan media pembelajaran yang ada, sehingga siswa kurang memahami materi yang diajarkan yang tentu mempengaruhi hasil belajar siswa. Selain itu pembelajaran juga masih terpusat kepada guru yang bersangkutan, sehingga perkembangan pemahaman siswa tentang materi juga terbatas. Berdasarkan temuan awal peneliti, maka perlu adanya upaya perbaikan dalam pembelajaran sejarah. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan memanfaatkan media pembelajaran yang inovatif dalam pembelajaran sejarah, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.