SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Media History Games Berbasis Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Matapelajaran Sejarah Kelas XII IPS SMAN 1 Wates Kabupaten Kediri

Setia Ningrum

Abstrak


ABSTRAK

 

Setia, Ningrum. 2018. Pengaruh Penggunaan Media History Games Berbasis Macromedia Flash Pada Mata Pelajaran Sejarah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII IPS SMAN 1 Wates Kabupaten Kediri. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs.Kasimanuddin Ismain, M.Pd.

Kata Kunci: history games, macromedia flash, hasil belajar.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media History Games berbasis Macromedia Flash terhadap hasil belajar peserta didik kelas XII IPS SMAN 1 Wates Kabupaten Kediri pada mata pelajaran Sejarah untuk peminatan ilmu-ilmu sosial dengan materi revolusi sosial dan nasional yang terjadi pada awal kemerdekaan. Penelitian ini dilakukan dengan latarbelakang pembelajaran di kelas untuk mata pelajaran sejarah tidak terlalu efektiv dan menyenangkan karena penggunaan media yang kurang interktif dengan peserta didik. Hal ini akan mempengaruhi kognitif peserta didik yang terlihat pada hasil belajarnya. Media History Games dibuat dengan aplikasi Macromedia Flash yang bersifat interaktif dengan peserta didik karena secara langsung mereka bermain sekaligus belajar. Peserta didik memainkan games ini di laboratorium karena termasuk media pembelajaran berbasis komputer.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Pre-Eksperimental designs khusus pada model One-Grup Pretest-Posttest design. Model ini menekankan pada pengumpulan data yang dilakukan dengan memberikan instrumen berupa soal yang dikerjakan oleh peserta didik pada awal pembelajaran sebelum menggunakan media history games (pretest) dan setelah penggunaan media history games (posttest). Populasi terdiri dari 4 kelas XII IPS di SMAN 1 Wates, sedangkan pengambilan sampel dilakukan menggunakan cara nonprobability sampling (sampling purposiv) berdasarkan pertimbangan guru dan diperoleh kelas XII IPS 1 sebagai sampel. Kelas XII IPS 1 terdiri dari 34 peserta didik. Analisis data yang digunakan berupa uji hipotesis menggunakan bantuan SPSS 16.0 for Windows dengan Paired Sample Test.

Berdasarkan hasil analisis didapatkan hasil penelitian sebagai berikut, nilai pretest dan posttest melalui uji hipotesis mendapatkan hasil bahwa H1 diterima dengan bukti yang lebih besar daripada atau dalam bentuk  dengan nilai signifikansi  dan nilai rata-rata peserta didik setelah menggunakan media jauh lebih besar dibandingkan tanpa menggunakan media yaitu ., sehingga dapat disimpulkan bahwa media History Games berbasis Macromedia Flash memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik. Adapun saran yang diberikan kepada guru maupun peneliti selanjutnya adalah memuat History Games dengan materi yang lebih luas lagi dan dengan aplikasi yang lebih baik dari Macromedia Flash.