SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 2 Turen dalam Pembelajran Sejarah

Ni Made Fitriani

Abstrak


Model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) merupakan salah satu model pembelajaran yang menggunakan pendekatan problem solving dan tidak hanya menitik beratkan pada aspek kognitif tetapi juga aspek keterampilan dalam tahapan-tahapan pelaksanaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah di SMK Negeri 2 Turen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Menggunakan pendekatan Quasixperiment  dengn rancangan Nonequivalent Control Group Design. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis pengaruh regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian adalah: hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) mengalami peningkatan sebesar 26,15%, hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) mengalami peningkatan sebesar 36,20%, pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) terhadap hasil belajar siswa sebesar 52,1% sehingga dapat disimpulkan bahwa mendapat pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) pada pembelajaran sejarah di SMK Negeri 2 Turen.