SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH TINGKAT INTELIGENSI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X IIS

Farahma Intan Pratiwi

Abstrak


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) apakah ada pengaruh positif yang signifikan variabel tingkat inteligensi terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X IIS Madrasah Aliyah Bilingual Batu, (2) apakah ada pengaruh positif yang signifikan variabel minat belajar terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X IIS Madrasah Aliyah Bilingual Batu, (3) apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan antara tingkat inteligensi dan minat belajar terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X IIS Madrasah Aliyah Bilingual Batu. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial sumbangan pengaruh tingkat inteligensi terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X IIS Madrasah Aliyah Bilingual Batu sebesar 2,17% dan dengan sumbangan relatif 0,16%. Sedangkan sumbangan pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X IIS Madrasah Aliyah Bilingual Batu adalah 3,02% dan sumbangan relatifnya sebesar 0,28%. Secara simultan tingkat inteligensi dan minat belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X IIS Madrasah Aliyah Bilingual Batu yaitu menunjukkan nilai sebesar 10,7%. Sedangkan sisanya yakni terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X IIS Madrasah Aliyah Bilingual Batu dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.