SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODUL TOKOH SEJARAH TAN MALAKA PADA KELAS XI IPS DI SMAN 1 TUMPANG

kepi agung megantoro

Abstrak


 

ABSTRAK

M. Agung Kepi. 2017.

 

Pengembanga  Modul Tokoh Sejarah Tan Malaka Pada Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tumpang. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Najib Jauhari, S.Pd, M. Hum.

Kata Kunci: Modul, Tokoh Sejarah, Tan Malaka.

            Modul merupakan satuan progam belajar mengajar yang terkecil yang di pelajari oleh siswa secara mandiri atau perseorangan. Modul yang di gunakan untuk membantu guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Sedangkan dalam proses penggunaan guru biasanya menyesuaikan dengan tujuan yang ingin di capainya. Secara garis besar bahan ajar mempunyai fungsi untuk mengarahkan semua aktivitas guru dalam proses pembelajaran sekaligus merupakan subtansi kompetensi yang seharusnya di ajarkan pada siswa dan sebagai alat evaluasi pencapaian hasil pembelajran. Dalam modul itu sendiri biasanya di lengkapi dengan sebuah evaluasi guna untuk mengukur penguasaan dan kompetensi tujuan pembelajaran. Selama ini modul yang di gunakan dalam proses pembelajaran oleh guru mata pelajaran sejarah belum pernah membahas tentang tokoh Tan Malaka di SMAN 1 Tumpang. Oleh sebab itu peneliti mengembangkan modul pembelajaran. Adapun modul yang di kembangkan berupa modul tokoh sejarah Tan Malaka.

            Bahan ajar ini di kemas dalam bentuk modul yang mudah di gunakan oleh para siswa. Adapun tujuan dari pengembangan bahan ajar ini supaya siswa bias lebih mengenal siapa Tan Malaka, di karenakan dalam buku-buku yang ada di sekolah dan dalam mata pelajaran sejarah nama Tan Malaka tidak pernah di sebutkan dan di ajarkan oleh guru mata pelajaran. Dengan di kembangkanya bahan ajar ini di harapkan baik dari siswa, guru dan sekolah dapat memahami bahwa tokoh Tan Malaka mempunyai peran penting dalam sejarah.

            Berdasarkan hasil dari validasi ahli materi dan ahli modul di peroleh hasil presentase, dari ahli materi sebesar 92%, dan 84% dari ahli modul. Dari uji coba di kelas XI IPS SMAN 1 Tumpang, kelompok kecil di dapatkan presentase 82,75% sedangkan uji coba kelompok besar di peroleh presentase 89,21%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar modul tokoh sejarah Tan Malaka ini sangat layak di gunakan sebagai bahan ajar di dalam kelas untuk mencapai proses pembelajaran yang ingin di capai.

 

ABSTRACT

M. Agung Kepi. 2017. The Development Of The Module Of Historical Character Of Tan Malaka In Class XI IPS XI 1 In State Senior High School 1 Tumpang. Thesis, History Departement, Faculty of Social Science, State Universitry of Malang. Supervisor: Najib Jauhari. S.Pd, M. Hum.

 

Keywords: Module, Historical Figures, Tan Malaka.

 

Material Teaching is all the material in use to assist teachers in implementing the process of learning. While in the process of using the teacher usually adjust to the goals that they want to achive. In the line of the material taught has a function for directing all activities of teachers in the process of learning as well as the substance of competence which should have been in teaching for students and as a means of evaluating the achievement of results learning. In a metter of teaching them selves usually complete with an evaluation in order to measure the proficiency and competency purpose of learning. All this material teaching in teaching by teachers in particular points lessons of history have not ever talk about figures Tan Malaka SMAN 1 Tumpang. By reason of researchers developed a material teaching. As materials teaching in developing a module figure history Tan Malaka.

Materials teaching this in an update in the from of modules that are easy use by the students. The purpose of the development of the teaching is that students is to know whom Tan Malaka, in because the books are avalaible in the school and in the eyes of the leassons of history the name of Tan Malaka is never in state and in teaching by teachers point the leassons. With the develop of teaching this in the hope that good of students, teachers and schools can understand that figure Tan Malaka has a role important in history.

 

Based on the result of the validation expert media and members of the creative in getting the percentage, of members of the materials of 92%, and 84% of members of the module. From the test try in class XI IPS 1 Tumpang, groups af small hotels get a precentage of 82,75% while the test try to groups large in gain percentage of 89,21%. With so can in concluding thet material teaching module figure history Tan Malaka worth in use as a material for teaching in the classroom to achieve the process of learning who whant to accomplish.