SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI DI MA TARBIYATUT THOLABAH LAMONGAN

Uzlifatul Jannah

Abstrak


ABSTRAK

 

Permasalahan yang terjadi di kelas XI.H IPS MA Tarbiyatut Tholabah adalah tingkat kemampuan berpikir kritis yang tergolong rendah. Hal ini dikarenakan kurang adanya inovasi model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Oleh karena itu tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Probing Prompting.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI.H IPS MA Tarbiyatut Tholabah Lamongan dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan berupa lembar ketercapaian model pembelajaran Probing Prompting, catatan lapangan dan soal tes kemampuan berpikir kritis.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Probing Prompting dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Pada pra-tindakan nilai rata-rata hanya sebesar 33, 22 , kemudian pada siklus I meningkat sebesar 28,28 menjadi 63,50 dan kemudian meningkat kembali pada siklus II sebesar 14,39 menjadi 77,89.