SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERSEPSI GURU MATA PELAJARAN SEJARAH TERHADAP PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI SMA NEGERI KOTA PASURUAN

ganyang penghalang demokrasi pancasila

Abstrak


ABSTRAK

 

Upaya peningkatan kualitas pendidikan harus dimulai dengan mengetahui persepsi guru tentang pendekatan saintifik yang termuat dalam kurikulum 2013.Kurikulum 2013 adalah dengan menekankan proses ilmiah dalam kegiatan pembelajaran.Pendekatan ilmiah diyakni sebagai titian emas dalam perkembangan dan pengembangan sikap, keterampilan dan pengetahuan peserta didik. Prinsip tersebut termuat pada serangkaian pendekatan saintifik. Pendekatan Saintifik merupakan ciri khas dari Kurikulum 2013 yang menekankan penerapan pendekatan ilmiah atau saintifik pada proses pembelajarannya. Pendekatan saintifik meliputi; mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi serta mengkomunikasikan atau yang biasanya dikenal dengan istilah “5M”.

Rumusan Masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah persepsi guru mata pelajaran sejarah terhadap pendekatan saintifik dalam pembelajaran Sejarah Indonesia di Kota Pasuruan? (2) Bagaimanakah persepsi guru mata pelajaran sejarah terhadap penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Sejarah Indonesia di Kota Pasuruan?

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif.Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu tahap observasi, tahap wawancara dan tahap dokumentasi. Sedangkan cara untuk melakukan pengecekan keabsahan data yaitu dengan memperpanjang waktu penelitian.

Hasil penelitian ini menunujukan bahwa; (1) Persepsi guru sejarah kota Pasuruan terhadap pendekatan saintifik adalah guru-guru sejarah sudah mengetahui secara teori hingga secara sistem pembelajaran dikelas hingga guru-guru mempersepsikan secara beragam dan memiliki karakter berdasarkan keadaan siswa di dalam kelas. (2) persepsi penerapan pendekatan saintifik pada kurikulum 2013 adalah para guru mempunyai cara dan teori berdasarkan pengalaman menjadi guru untuk bisa menerapkan pendekata saintifik dengan beragam metode-metode pembelajaran yang sudah lebih dahulu berkembang.

Saran untuk peneliti selanjutnya adalah; (1) Penelitian selanjutnya harus mampu menentukan metode pengajaran yang bisa masuk terhadap kurikulum 2013. (2) Peneliti selanjutnya diharapkan mampu menentukan sarana dan prasarana yang paling cocok untuk mengimplementasikan pendekatan saintifik agar lebih memaksimalkan potensi siswa.