SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Round Table dalam Keterampilan Membaca dan Menulis Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMAN 8 Malang

Rika . Rika

Abstrak


 

ABSTRAK

 

 

Rika. 2018. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Round Table dalam Keterampilan Membaca dan Menulis Siswa Kelas XI SMAN 8 Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Tiksno Widyatmoko, M.A.

 

Kata Kunci:pembelajaran kooperatif, model round table, keterampilan membaca, keterampilan menulis.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran kooperatif round table dan mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran tersebut. Model pembelajaran ini diterapkan dalam keterampilan membaca dan menulis.Dalam model pembelajaran kooperatif round table, masing-masing kelompok terdiri dari 4-6 siswa.Di dalam kelompok tersebut, siswa mengerjakan tugas secara bergantian sesuai waktu yang ditentukan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Lintas Minat IPA SMAN 8 Malang yang berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mennggunakan obvervasi dan angket.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran round tableinidapat berjalan dengan baik dan lancar. Penerapan model pembelajaran round table membuat siswa menjadi antusias dan suasana kelas tampak kondusif. Hal ini ditunjukkan dengan respon siswa yang aktif dalam mengerjakan tugas selama proses pebelajaran. Siswa juga memiliki tanggung jawab individu ketika diterapkannya model ini. Akan tetapi, dalam implementasinya model ini ditemukan beberapa kendala. Kendala terbesarnya ialah terbuangnya waktu saat salah satu siswa mengerjakan tugas (membaca atau menulis) sedangkan siswa lain menunggu giliran.