SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Kahoot! Terhadap Hasil Belajar Pada Matapelajaran Sejarah

Ayu Fitri Wahyuni Keluanan

Abstrak


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan media pembelajaran berbasis game edukasi kahoot! (2) hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran berbasis game edukasi kahoot! (3) pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi kahoot! terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu dengan desain non-equivalent control group design yang dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t atau independet sample t-test.Hasil penelitian ini adalah (1) hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan media pembelajaran berbasis game edukasi kahoot! meningkat 80.90% (2) hasil belajar peserta didik sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis game edukasi kahoot! mengalami peningkatan yang cukup signifikan, yaitu sebesar 107.73% (3) ada pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi kahoot! terhadap hasil belajar peserta didik.