SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PenerapanModel PembelajaranKooperatif Examples Non Examples UntukMeningkatkanKeaktifanSiswaDalamPembelajaranSejarah

baron hermanto

Abstrak


Abstrak

 

Hermanto, Baron. 2017. PenerapanModel PembelajaranKooperatif Examples Non Examples UntukMeningkatkanKeaktifanSiswaDalamPembelajaranSejarah Di Kelas X IPA 3 MAN 2 Probolinggo.Skripsi, JurusanSejarah, FakultasIlmuSosial, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: Drs. KasimanuddinIsmain, M.Pd.

 

Kata Kunci: pembelajaransejarah, kooperatifexamples non examples,keaktifansiswa

 

Model pembelajaranadalahsalahsatucara yang digunakanolehseorang guru untukmembuatpembelajaranmenjadimenarikdanmenyenangkan,dalamkenyataannyaberdasarkanhasilobservasipadapembelajaransejarah di kelas X IPA 3 MAN 2 Probolinggomenunjukkanbahwa model pembelajaranmasihmenggunakan model ceramah. Hal inimengakibatkansiswadalammengikutipembelajarankurangantusias, ada yang berbicaradengantemannya, ada yang mencoret-coretbukudanada yang ramaisendiri, danberakibatkeaktifansiswamenjadirendah. Hal tersebutdisebabkankarena guru dalampenyampaianmaterimasihmenggunakan model ceramahtanpaadavariasi model pembelajaran yang lain. Olehkarenaitupenelitimencobamengusulkankepada guru untukmenggunakan model pembelajaranExamples Non Examples di kelas X IPA 3 denganharapandapatmeningkatkankeaktifansiswa, model Examples Non Examples memilikipoinpentingyaitudapatmembuatsiswalebihkritisdalammenganalisisgambar.

Jenispenelitian yang digunakanolehpenelitiadalahPenelitianTindakanKelas (PTK) yang dilaksanakandengan 2 siklusdimanasetiapsiklusterdiridari 4 tahapan, yaitutahapperencanaan, tahappelaksanaantindakan, tahappengamatan, dantahaprefleksi. Dalampenelitianinipenelitimenggunakan model PenelitianTindakanKelas model Kemmis&Mc Taggart. Pengumpulan data dalampenelitianinidilakukanmelaluitahapobservasi, wawancara, dokumentasi, angket, lembarketerlaksanaanpembelajaran, danlembarpenilaiankeaktifansiswa.Analisis data yang dilakukandalampenelitianinimeliputireduksi data, penyajian data dankesimpulan.

Berdasarkanhasilpenelitian di kelas X IPA 3 MAN 2 Probolinggodiperoleh data sebagaiberikut: padapra-tindakandiperolehnilaiklasikalsebesar 13.51, siklus I siswa yang aktifsebanyak 21 dengannilaiklasikal 56.75. Pelaksanaanpembelajaransiklus II berdasarkananalisis data yang didapatkan di kelas X IPA 3siswa yang aktifsebanyak 31 dengannilaiklasikal 83.78. Dari data analisispembelajaransiklus II telahmengalamipeningkatandimanasiklus I sebesar 56.75meningkatpadasiklus II menjadi 83.78.

Berdasarkanpenelitian yang sudahdilakukandapatdisimpulkanbahwapenerapanmodel pembelajarankooperatifExamples Non Examples dapatmeningkatkankeaktifansiswakelas X IPA 3 MAN 2 Probolinggo, melaluitindakan yang dilakukanpadasiklus I dansiklus II, dimanasetiapsiklusdilakukan 2 kali pertemuandenganalokasiwaktu 90 menit.