SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Musik Dangdut di Malang: Kajian Sarana Sosialisasi dan Pemanfaatannya (2001-2017)

Ahmad Kurniawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Kurniawan, Ahmad. 2017. Musik Dangdut di Malang:Kajian Sarana Sosialisasi dan Pemanfaatannya (2001-2017). Skripsi, Program Studi Ilmu Sejarah, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I)Dra. Yuliati, M.Hum.(II) Drs. Ismail Lutfi, M.A.

 

Kata Kunci:Musik Dangdut, SaranaSosialisai, Malang.         

 

Kajian mengenai musik dangdut di Malang masih belum banyak diteliti. Berkaitan dengan itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sarana dan sosialisasi pemanfaatan musik dangdut di Malang.Dangdut di Malang tidak bisa berkembang pesat, akan tetapi dangdut masih banyak diminati oleh masyarakat Malang dan dapat dijadikan sebagai hiburan alternatif. Hal ini dapat dilihat dari seringnya pertunjukan dangdut yang diselenggarakan untuk acara hajatan baik acara hajatan kecil sampai acara hajatan besar yang diadakan di Malang, baik itu dalam rangka peringatan HUT TNI, pemilu(pemilihan umum), dan pesta pernikahan.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskansarana sosialisai musik dangdut dan pemanfaatannya dalam berbagai moment di Kota Malang dari tahun 2001-2017.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah. Metode tersebut terdiri dari empat tahap, yaitu heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalahpertama, dangdut pada awalnya identik dengan masyarakat golongan bawah, tetapi dalam perkembangan dangdutlambat laun mulai dikenal dan diminati oleh masyarakat golongan menengah ke atas. Dangdut mempunyai kedudukan yang bagus di antara musik lainnya yang diminati masyarakat Malang. Hal ini dapat diketahui dengan adanya Rasa Cinta Karaoke (karaoke yang didalamnya terdapat live musik dangdut), Radio Gitalokaswara (radio yang menyiarkan musik dangdut), Saudara New Pallapa Malang (pengemar OM New Pallapa yang berasal dari Malang), Merry Andini (penyanyi dangdut di Malang), Novelly Gat Mellisa (Novel KondangIn yang berasal dari Kota Batu) dan Organ Tunggal Malang (Organ Tunggal yang membawakan musik dangdut).Kedua, pemanfaatan musik dangdut dalam berbagai moment, diantaranya: khitanan (sunatan), pernikahan, pemilu, ulang tahun dan peringatan tahun baru.