SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengembangan handout berbasis sejarah lokal dengan materi candi boyolangu di sman 1 tulungagung

tiari mashita

Abstrak


ABSTRAK

 

Mashita, T. 2018. Pengembangan Handout berbasis Sejarah Lokal dengan Materi Candi Boyolangu di SMAN 1 Tulungagung. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Deny Yudo Wahyudi, S.Pd.,M.Hum.

 

Kata kunci: handout,  sejarah lokal, Candi Boyolangu

 

Pengajaran sejarah lokal di sekolah sangat penting adanya untuk mengenalkan sejarah yang ada di sekitar. Kabupaten Tulungagung memiliki muatan sejarah lokal yang cukup banyak. Sayang sekali penyampaian sejarah lokal di SMAN 1 Tulungagung diberikan melalui penugasan. Sehingga belum mampu untuk memberikan pengetahuan yang mendalam bagi siswa, karena sumber referensi yang mereka gunakan sangat sedikit. Oleh karena itu, handout Candi Boyolangu dibuat dan digunakan sebagai inovasi pembelajaran yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan mendalam melalui materi Candi Boyolangu terkait dengan sejarah lokal di Tulungagung dengan menggunakan beberapa sumber referensi yang dapat dipertanggungjawabkan.

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa handout berbasis sejarah lokal Candi Boyolangu sebagai materi tambahan dalam pembelajaran sejarah masa Hindu-Buddha di Tulungagung. Selain itu juga untuk mengetahui efektivitas produk handout berbasis sejarah lokal Candi Boyolangu sebagai materi tambahan dalam pembelajaran sejarah masa Hindu-Buddha di Tulungagung.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model prosedural dari Sugiyono yang dilakukan sembilan langkah saja. Tahap yang dilaksanakan peneliti adalah: (1) potensi dan masalah, (2) mengumpulkan informasi, (3) rancangan desain, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, dan (9) revisi produk. Objek dalam penelitian ini adalah handout Candi Boyolangu: Sejarah dan Arsitektur. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMAN 1 Tulungagung. Pengumpulan data dilakukan dengan tahap wawancara, pengumpulan sumber referensi, dan instrumen berupa angket.

Handout Candi Boyolangu: Sejarah dan Arsitektur ini merupakan bahan ajar cetak yang digunakan saat pembelajaran di kelas yang memuat materi tambahan berbasis sejarah lokal. Didesain praktis dengan ukuran kertas A5, berwarna disertai foto, denah, dan peta, dan fokus dengan satu materi. Berdasarkan penelitian dan pengembangan ini, hasil uji validasi materi sebesar 95% dan hasil uji validasi media sebesar 85%, sehingga materi dapat digunakan dengan melakukan revisi untuk menyempurnakan produk sebelum dilakukan uji coba di sekolah. Kemudian hasil uji coba kelompok kecil mendapatkan rata-rata persentase 80,8% dan hasil uji coba kelompok besar mendapat rata-rata persentase 82%, yang artinya bahwa produk ini efektif dan layak untuk dapat digunakan dalam pembelajaran sejarah di Sekolah Menengah Atas/Sederajat.