SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

MUATAN FAKTA SEJARAH DALAM FILM KARYA USMAR ISMAIL (1950-1954)

nila iliiyyatuz zulfa

Abstrak


ABSTRAK

Zulfa, Nila Iliyyatuz. 2017. Muatan Fakta Sejarah Dalam Film Karya Usmar Ismail (1950-1954). Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Ismail Lutfi, M.A.

 

Kata Kunci: Fakta Sejarah, Film, Usmar Ismail

 

            Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan tentang muatan fakta dalam film bertema epic historis. Film yang digunakan sebagai media penyalur informasi dan komunisasi massal yang bergenre sejarah akan memunculkan sebuah permasalahan tentang relevansi muatan fakta sejarah dalam film dengan data dokumen. Selain itu sutradara sebagai penentu karakter dan arah gerak sebuah film juga dibahas dalam penelitian ini. Usmar Ismail sebagai sutradara pertama yang menampilkan film yang Indonesia sentries sekaligus menjadi sutradara dalam objek penelitian juga dibahas dalam penelitian ini.

Permasalahan yang diteliti adalah (1) Latar Belakang dan Pemikiran Usmar Ismail, (2) Muatan fakta sejarah dalam tiga film karya Usmar Ismail (1950-1954) yakni film Darah Dan Doa, Enam Djam Di Djokja dan film Lewat Djam Malam. Tujuan penelitian ini (1) merekontruksi latar belakang dan pemikiran Usmar Ismail (2) mendapatkan kesimpulan tentang muatan fakta sejarah dalam tiga film karya Usmar Ismail yakni film Darah Dan Doa, Enam Djam Di Djokja dan film Lewat Djam Malam.

            Jenis penelitian ini adalah deskriptif, dengan menggunakan pendekatan metode sejarah Kuntowijoyo. Kerang kateori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori neorealisme dan teori mimetik. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan study pustaka. Sumber data primer dalam penelitian ini berupa film dan data tekstual berupa resensi film, surat kabar dan arsip peta, sedangkan data sekunder menggunakan buku-buku serta penelitian terdahulu yang terkait dengan latar peristiwa yang menjadi sumber inspirasi dalam pembuatan film Darah Dan Doa, Enam Djam Di Djokja dan film Lewat Djam Malam.

            Berdasar hasil analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan antara lain, pertama, Usmar Ismail merupakan tokoh revolusioner dengan membawa karakter film nasionalis pertama dalam dunia perfilman Indonesia. Kedua, muatan fakta sejarah dalam film Darah Dan Doa, Enam Djam Di Djokja dan film Lewat Djam Malam yang berdasar pada dokumen dan arsip.

            Saran dari penulis adalah harapan terkait bertambahnya penelitian terhadap muatan fakta dalam film. Hal ini akan menambah objek kajian sejarah lebih variatif. Selain itu juga untuk menambah bahan ajar guru sejarah tentang peristiwa yang menjadi latar dari ketiga film ini.

ABSTRAK

Zulfa, NilaIliyyatuz. 2017. Historical Facts On Three Of Usmar Ismail Movies (1950-1954). Thesis, Departement of History, Fakulty of Social Science, State University of Malang. Adviser: Drs. Ismail Lutfi, M.A.

 

Keyword: Historical Facts, Movie, Usmar Ismail

This research is supposed by the problem of facts in the movie which is categorized as epic-historic. In this case, movie as a tool of delivering public information and communication will trigger a problem about relevancy of historical facts in the movie and archives. Research problems are (1) background and thought of Usmar Ismail, (2) the value of history facts inside of three movies of Usmar Ismail (1950-1954) such as Darah Dan Doa, Enam Djam Di Djokja and Lewat Djam Malam movie. This research aimed to (1) construct background and thought ofUsmar Ismail, (2) conclude of historical facts on three of Usmar Ismail movies such as Darah Dan Doa, Enam Djam Di Djokja and Lewat Djam Malam movie.

This research is a descriptive research which used approach of Kuntowijoyo history method. Theoretical frameworks used in this research are neorealism and mimetic theory. To collect the data, the researcher used observation and literary study. The primary data of this research is a film and text like newspaper and map archive. Meanwhile, the secondary data are many books of ground force and previous studies which is related to an event as main inspiration of making Darah Dan Doa, Enam Djam Di Djokja and Lewat Djam Malam movie.

Based on data analysis above, the researcher concluded that Usmar Ismail is a revolutionary figure in film industry, who shows character of nationalistic film in industry film of Indonesia. Second, the value of facts in three movies by Usmar Ismail such as Darah Dan Doa, Enam Djam Di Djokja and Lewat Djam Malam movie is same with history archives which is supported and directed by both witness and actor of the event inside the movie. Darah Dan Doa represented long march of Siliwangi division that is caused by violation of Renville agreement. Well, Enam Djam Di Djokja as epic-historic represented public attack event at 1st March 1949, which is based on direction of history witness and actor. Meanwhile, Lewat Djam Malam told the patriots condition in post-war of retaking independence.

Last, the writer expects the readers to develop research about the value of film deeper. In this case, it will contribute to various objects of history studies. Besides, it helps teacher to give additional materials about history which is conveyed by the three movies above.