SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Sejarah Tematis terhadap Hasil Belajar Siswa kelas X IPA pada Semester 2 di SMA Negeri 1 Karangan Trenggalek

Ridwan Tri Admaja

Abstrak


ABSTRAK

 

Admaja, Ridwan Tri. 2017. Pengaruh Model Sejarah Tematis terhadap Hasil Belajar Siswa kelas X IPA pada Semester 2 di SMA Negeri 1 Karangan Trenggalek. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Ismail Lutfi, M. A (2) Drs. Dewa Agung Gede Agung, M. Hum.

 

Kata kunci:Model Sejarah Tematis, Hasil Belajar

 

Kegiatan pembelajaran yang terjadi di dalam kelas tentunya mempunyai permasalahan. Berdasarkan observasi yang dilakukan, ditemukan permasalahan tentang pembelajaran sejarah yang terjadi di dalam kelas lebih menitik beratkan pada pemahaman sejarah yang bersifat umum, sehingga pembelajaran terjadi dengan kurang efektif, maka perlu diterapkan model yang lebih menekankan pada pemahaman dan pendalaman materi. Oleh karena itu dalam penelitian ini diterapkan model sejarah tematis yang lebih ditekankan pada pemahaman dan pendalaman materi. Berdasarkan permasalahan tersebut rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penggunaan model sejarah tematis terhadap hasil belajar siswa kelas X IPA 2.

Model sejarah tematis dipilih karena pada dasarnya model sejarah tematis mengajarkan sejarah dengan lebih menekankan pada pemahaman dan pendalaman materi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk pre- eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMANegeri 1 Karangan Trenggalek, dengan sampel kelas X IPA 2. Teknik pengambilan sampel adalah teknik sampling purposive. Sampel berjumlah 38 siswa. Sampel diberikan model pembelajaran sejarah tematis ketika proses pembelajaran terjadi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dengan memberikan soal pre- test dan post- test untuk mendapatkan data hasil belajar sejarah yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji- T dengan Paired Sample T- test

Dari penelitian ini, dapat diketahui bahwa penerapan model sejarah tematis berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Pre- test diberikan sebelum perlakuan diterapkan dan memiliki nilai rata-rata 14.89. Post- test diberikan setelah perlakuan diterapkan dan memiliki nilai rata-rata 17.11. Uji- T yang dilakukan menunjukan perbedaan hasil belajar yang signifikan antara sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan menggunakan model sejarah tematis. Kriteria pengambilan keputusan adalah, Jika nilai probabilitas atau Sig. (2- tailed) < 0,05, (H0 ditolak dan H1 diterima) dan jika nilai probabilitas atau Sig. (2- tailed) > 0,05 (H0 diterima dan H1 ditolak) Sig. (2- tailed) dalam penelitian ini 0,000, artinya Sig. (2-tailed)