SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR ILUSTRASI SEJARAH PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMKN 11 MALANG

Fascal Wilanda Pamungkas

Abstrak


ABSTRAK

 

Pamungkas, Fascal Wilanda. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Ilustrasi Sejarah pada Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Untuk Peserta DidikKelas XI Di SMKN 11 Malang. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Kasimanuddin Ismain. M.Pd.

Kata Kunci: media pembelajaran, gambar ilustrasi sejarah, peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

            Sejarah merupakan matapelajaran yang tidak kalah penting dibandingkan dengan matapelajaran lainnya yang diajarkan disekolah, karena dengan mempelajari sejarah akan memperkaya wawasan dan pengetahuan mengenai kehidupan manusia dari masa-kemasa. Pada saat ini matapelajaran sejarah yang diajarkan disekolah mendapat kesan negative dari peserta didik. Matapelajaran sejarah terkesan membosankan dan tidak penting untuk dipelajari. Untuk menghapus kesan negative matapelajaan sejarah, guru harus mampu memancing daya tarik peserta didik dengan cara penyampaian materi yang kreatif dan tidak membosankan. Salah satu hal untuk memudahkan peserta didik memahami sejarah yaitu menumbuhkan imajinasi peserta didik dalam menggambarkan peristiwa yang pernah terjadi pad amasalalu.

            Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran gambar ilustrasi sejarah dengan materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Dengan mengembangkan media pembelajaran inidiharapkan mampu memberikan manfaat dalam dunia pendidikan.

            Peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Sugiyono (2010) yaitu meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, dan revisi produk. Sebelum di ujicobakan kelapangan, produk terlebih dahulu divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Sasaran ujicoba lapangan dalam penelitian ini adalah peserta didik SMKN 11 Malang kelas XI.

            Produk yang dihasilkan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran gambar ilustrasi sejarah dengan materi Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Gambar ilustrasi sejarah merupakan media pembelajaran yang berisikan kumpulan gambar ilustrasi tentang peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang dilengkapi dengan angka tahun dan penjelasan singkat untuk mempermudah peserta didik memahami peristiwa tersebut. Hasil validasi dari ahli materi memperoleh persentase 91% dengan kategori valid. Hasil validasi dari ahli media juga memperoleh persentase 98% dengan kategori valid. Hasil ujicoba produk di lapangan pada ujicoba kelompok kecil memperoleh persentase 95.5% dengan kategori valid, kemudian pada ujicoba kelompok besar memperoleh persentase 95.5% dengan kategori valid. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran gambar ilustrasi sejarah dengan materi peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia masuk dalam ketegori valid.