SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLAPATLAS PADA MATERIPERSEBARAN SITUS MANUSIA PURBA DI PULAU JAWA KALA PLESTOSEN UNTUK SISWA KELAS X SMKN 6 MALANG

risma bayu dwi cahyono

Abstrak


ABSTRAK

 

Cahyono, Risma Bayu Dwi. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Flap Atlas pada Materi Persebaran Situs Manusia Purba di Pulau Jawa Kala Plestosen untuk Siswa Kelas X SMKN 6 Malang. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Blasius Suprapta, M.Hum, (2) Aditya Nugroho Widiadi, S.Pd., M.Pd.

 

Kata kunci: media pembelajaran, flap atlas, manusia purba

 

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang berawal dari potensi dan masalah. Potensi dari penelitian ini adalah belum adanya pengembangan media pembelajaran berupa flap atlas. Sedangkan masalah yang terdapat dalam penelitian ini yaitu kurangnya guru dalam memanfaatkan media pembelajaran sejarah yang menarik dan baru. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah atlas, karena seperti yang kita ketahui bahwa pembelajaran sejarah tidak bisa lepas dari unsur ruang. Atlas yang digunakan tersebut dikembangkan dalam bentuk lift the flap yang dapat menarik minat peserta didik. Atlas lift the flap ini dikembangkan untuk mata pelajaran sejarah kelas X dengan mengacu pada Kompetensi Dasar (KD 3.2).

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran flap atlas yang berguna untuk menambah pemahaman peserta didik tentang materi penelitian manusia purba. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada metode penelitian dan pengembangan menurut Sugiyono, namun hanya menggunakan sembilan langkah dengan tidak melakukan tahap produksi massal. Metode penelitian dan pengembangan ini terdapat sembilan tahap yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) uji coba pemakaian, (6) revisi produk, (7) uji coba produk, (8) revisi desain, dan (9) revisi produk. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli media dan ahli materi serta angket respon peserta didik.

Produk yang dihasilkan pada pengembangan media pembelajaran ini adalah flap atlas dengan materi persebaran situs manusia purba di Pulau Jawa kala plestosen. Situs yang terdapat pada media pembelajaran flap atlas yang dikembangkan ini dibatasi pada tujuh lokasi. Produk yang dihasilkan terdiri dari 14 halaman dan dicetak pada kertas art papersecara full color. Pembahasan dibatasi pada lokasi temuan, ciri-ciri temuan, dan hasil kebudayaan.

Melalui penelitian yang telah dilakukan di SMK Negeri 6 Malang maka diperoleh hasil dari validasi ahli materi sebesar 72% dan validasi dari ahli media sebesar 91,43%. Sedangkan pada angket respon peserta didik pada uji coba produk (kelompok kecil) memperoleh hasil sebesar 85,75% dan untuk hasil angket respon peserta didik pada uji coba pemakaian (kelompok besar) memperoleh hasil sebesar 89,30%.Kesimpulan yang dapat diperoleh dari perolehan persentase di atas adalah media pembelajaran flap atlas yang dikembangkan sudah valid, dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran di dalam kelas.