SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN IMPRESS.JS TERHADAP HASILBELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IIS 3 TAHUN AJARAN 2017/2018 SMA NEGERI 1 TUMPANG

indah dwi lestari

Abstrak


ABSTRAK

 

Lestari, Indah Dwi. 2017. Pengaruh Media Pembelajaran Impress.Js Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IIS 3 Tahun Ajaran 2017/2018 SMA Negeri 1 Tumpang. Skripsi, JurusanSejarah, Program Studi S1 Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Joko Sayono, M.Pd.,M.Hum

 

Kata kunci: media, impress.js, hasil belajar, pembelajaran sejarah.

 

   Penggunaan media pada proses pembelajaran dapa tmempengaruhi hasil belajar siswa, dikarenakan dengan adanya media siswa dapat lebih memusatkan perhatian pada proses pembelajaran dan meningkatkan antusias dalam belajar yang kemudian berdampak pada hasil belajar siswa. Berdasarkan pada observasi awal dikelas XI IIS 3 SMAN 1 Tumpang, penggunaan media pada pembelajaran sejarah di kelas kurang diterapkan dan hasil belajar siswa dilihat dari hasil ulangan tengah semester (UTS) juga rendah. Media Impress.Js dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena media tersebut adalah media visual yang lebih menarik dibandingkan dengan menggunakan media buku teks, karena buku teks lebih banyak berisi uraian materi berupa tulisan. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian dengan tujuan melihat pengaruh dari media Impress.Js terhadap hasil belajar siswa kelas XI IIS 3 SMAN 1 Tumpang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan ialah One-Group Pretest-Postest Design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas XI IIS 3 SMAN 1 Tumpang. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Analisis statistik yang digunakan adalah uji-t dengan menggunakan bantuan ujiPaired Sample Test pada SPSS 16.0 for Windows.

Berdasarkan hasil tes siswa di kelas eksperimen antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan media Impress.Js terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Rata-rata pre-test menunjukkan angka sebesar 45,61 dan kemudian mengalami peningkatan sebesar 40 menjadi 85,61 pada post-test. Hal ini dapat dibuktikan dengan uji hipotesis nilai tes memiliki thitung sejumlah 31,526 dengan ttabel 1,7056, sehingga 31,526 (thitung) ≥ 1,7056 (ttabel) dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Berdasarkan uji hipotesis pada hasil tes dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dengan pernyataan terdapat pengaruh yang signifikan dari media Impress.Js terhadap hasil belajar siswa kelas XI IIS 3 SMAN 1 Tumpang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pada penggunaan media Impress.Js terhadap hasil belajar siswa.