SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Ensiklopedia Candi-Candi di Malang Raya sebagai Sumber Belajar Sejarah Materi Peninggalan Kebudayaan Hindu-Buddha pada Kelas XI IPA 1 MA Almaarif Singosari Kabupaten Malang

linda wahyuning tiyas

Abstrak


ABSTRAK

 

Tiyas, Linda Wahyu. 2017. Pengembangan Ensiklopedia Candi-Candi di Malang Raya sebagai Sumber Belajar Sejarah Materi Peninggalan Kebudayaan Hindu-Buddha pada Kelas XI IPA 1 MA Almaarif Singosari Kabupaten Malang. Skripsi, Program Studi Sejarah, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing: Dr. Joko Sayono, M.Pd., M.Hum. dan Drs. Ismail Lutfi, M.A.

 

Kata Kunci: sumber belajar, ensiklopedia, candi di Malang Raya

 

            Pada kelas XI IPA 1, sumber belajar sejarah kurang memadai, sehingga menyebabkan siswa sulit memahami materi pelajaran sejarah yang dijelaskan oleh guru. Produk penelitian dan pengembangan ini berupa ensiklopedia candi-candi di Malang Raya. Ensiklopedia ini memuat peta persebaran candi-candi di Malang Raya, denah lokasi candi, data pendukung, serta uraian materi dari setiap candi. Ensiklopedia candi-candi di Malang Raya ini diharapkan dapat menjadi sumber belajar yang menarik bagi siswa.

            Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) mengembangkan ensiklopedia candi sebagai sumber belajar sejarah materi peninggalan kebudayaan Hindu-Buddha di Malang Raya untuk siswa kelas XI IPA 1 MA Almaarif Singosari; (2) mengetahui efektivitas ensiklopedia candi sebagai sumber belajar sejarah pada materi peninggalan kebudayaan Hindu-Buddha untuk siswa kelas XI IPA 1 MA Almaarif Singosari.

            Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari Sugiyono. Tahapan pada penelitian dan pengembangan ini meliputi (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba produk, dan (9) revisi produk.

            Hasil dari penelitian ini adalah ensiklopedia candi-candi di Malang Raya sebagai sumber belajar sejarah dengan materi peninggalan kebudayaan Hindu-Buddha. Ensiklopedia sebagai sumber belajar ini memberikan materi candi-candi di Malang Raya yang dilengkapi dengan informasi pendukung untuk memperjelas materi. Pada hasil uji validasi oleh ahli media menunjukkan rata-rata persentase senilai 90%. Semetara hasil validasi oleh ahli materi rata-rata persentase senilai 94,73%. Hasil dari kedua uji coba validasi oleh ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa ensiklopedia yang dikembangkan ini valid. Hasil angket responden pada uji coba kelompok kecil menunjukkan persentase senilai 91%, sementara hasil uji coba kelompok besar menunjukkan persentase senilai 89,34%. Hasil uji coba lapangan tersebut menunjukkan bahwa ensiklopedia candi-candi di Malang Raya termasuk kategori valid. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ensiklopedia candi-candi di Malang Raya ini efektif digunakan sebagai sumber belajar sejarah materi peninggalan kebudayaan Hindu-Buddha.