SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Video Stopmotion Materi Sumpah Pemuda Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS 2 SMAN 6 Madiun

Hedda Wahyu Ruhaiyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Ruhaiyah, Hedda Wahyu. 2017. Pengembangan Video Stopmotion Materi Sumpah Pemuda Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS 2 SMAN 6 Madiun. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Joko Sayono., M.Pd., M.Hum.

 

Kata Kunci: media pembelajaran sejarah, video stopmotion, sumpah pemuda.

 

            Pemanfaatan media pembelajaran sangatlah penting didalam pembelajaran sejarah. Pemanfaatan media pembelajaran tersebut sangatlah baik apabila disajikan dengan lebih inovatif dan kreatif dengan memanfaatkan teknologi-teknologi terkini sebagai media sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik bagi siswa. Hal tersebut akan meminimalisir metode ceramah seperti yang ada di SMAN 6 Madiun kelas XI IPS 2. Tampak saat pelajaran guru hanya memanfaatkan media papan tulis sehingga kurang menarik perhatian siswa. Berdasarkan keterangan dari beberapa siswa mereka membutuhan media yang lebih interaktif seperti halnya media berupa video. Melihat permasalahan dari kelas XI IPS 2 SMAN 6 Madiun tersebut, penelitian ini mengembangkan sebuah media pembelajaran sejarah berupa video stopmotion. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan video stopmotion materi Sumpah Pemuda sebagai media pembelajaran sejarah kelas XI IPS 2 SMAN 6 Madiun.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan model prosedural. Langkah-langkah dalam penelitian dan pengembangan ini meliputi: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi produk; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian; dan ( 9) revisi produk.

Berdasarkan model penelitian dan pengembangan tersebut diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, hasil validasi dari ahli media yang menyatakan 94,2% sedangkan hasil dari validasi oleh ahli materi mencapai 85%. Hasil dari kedua validasi tersebut menyatakan bahwa video stopmotion sejarah ini telah valid atau sesuai sebagai media pembelajaran sejarah pada materi sumpah pemuda untuk kelas XI SMA. Kedua, uji coba kelompok kecil yang dilakukan di kelas XI IPS 2 SMAN 6 Madiun secara random kepada 10 orang siswa mendapatkan hasil 86%. Uji coba kelompok besar dilakukan di kelas yang sama dengan responden yang lebih besar yaitu 24 siswa menghasilkan nilai 86,7%. Hasil uji coba lapangan tersebut juga menyatakan bahwa video stopmotion sejarah ini telah masuk dalam kategori valid. Akan tetapi tidak dapat dihindari adanya kekurangan didalam produk ini, seperti keterbatasan materi dan lain-lain. Diharapkan ada penelitian lebih lanjut untuk melengkapi kekurangan yang telah dikembangkan oleh peneliti terdahulu.