SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN VIDEO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH PADA POKOK BAHASAN RELIEF CERITA ARJUNAWIWĀHA DI CANDI JAGO UNTUK KELAS X1 PEMINATAN

Hidayatus Solikhah

Abstrak


ABSTRAK

 

Didalam pembelajaran sejarah, guru mempunyai peran penting karena seorang guru yang berhadapan langsung dengan peserta didik. Pelajaran sejarah yang terkesan hafalan mengharuskan seorang guru untuk  kreatif dalam mengajarkan sejarah. Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh guru adalah menggunakan media dalam proses belajar mengajar. Terutama media yang didasarkan atas kebutuhan, gaya belajar siswa serta efisien untuk pembelajaran sejarah. Video pembelajaran merupakan salah satu media audiovisual yang efisien untuk pembelajaran sejarah karena peserta didik tidak hanya melihat tetapi juga mendengarkan. Berdasarkan pertimbangan tersebut peneliti melakukan pengembangan media dengan tujuan menghasilkan sebuah media video pembelajaran dengan pokok bahasan relief cerita Arjunawiwāha di Candi Jago Untuk Kelas XI Peminatan.

Pemilihan pokok bahasan relief cerita Arjunawiwāha di Candi Jago dikarenakan ketidaktahuan peserta didik terhadap relief cerita tersebut, kelengkapan relief di Candi Jago, ketersediaan sumber, serta nilai moral yang terkandung dalam relief cerita Arjunawiwāha sangat relevan untuk anak remaja yang rawan akan degradasi moral. Salah satu nilai moral yang terkandung dalam relief cerita Arjunawiwāha adalah pentingnya manusia untuk menahan nafsu.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan menurut Sugiyono. Adapun tahapan dari metode tersebut adalah potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk serta produksi akhir. Instrumen penelitian yang digunakan oleh peneliti untuk memperoleh data yaitu menggunakan angket, observasi serta wawancara.

Melalui penelitian yang telah dilakukan di kelas XI IIS 5 SMAN 1 Tumpang diperoleh persentase kelayakan dari validator materi sebesar 97,5%, dari validator media sebesar 87,5%, uji coba kelompok kecil sebesar 90% serta uji coba kelompok besar sebesar 91,25%. Beberapa saran yang berguna untuk perbaikan media ini adalah menjelaskan secara umum mengenai Candi Jago, menunjukkan letak mulai dan berakhirnya relief cerita Arjunawiwāha, tulisan harus sesuai dengan naskah asli, menambahkan daftar referensi dan memperbaiki suara yang ada pada video pembelajaran.

Kesimpulan yang diperoleh dari hasil uji coba yaitu media video pembelajaran dengan pokok bahasan relief cerita Arjunawiwāha sangat valid dan bisa diimplementasikan sebagai media pembelajaran. Media video dengan pokok bahasan relief cerita Arjunawiwāha masih memiliki banyak kekurangan. Oleh karena itu diharapkan  ada penelitian dan pengembangan produk lebih lanjut.