SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Lectora Inspire Pada Materi Islamisasi di Nusantara Untuk Siswa Kelas X di SMKN 7 Malang

Dina Cahyaning Pertiwi

Abstrak


ABSTRAK

 

Pertiwi, Dina Cahyaning. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Lectora Inspire Pada Materi Islamisasi di Nusantara untuk Siswa Kelas X di SMKN 7 Malang. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Kasimanuddin Ismain, M.Pd.

 

Kata Kunci: media pembelajaran sejarah, Lectora Inspire, Islamisasi di Nusantara

 

Penggunaan media pembelajaran sejarah di SMKN 7 Malang masih minim. Hal ini disebabkan di setiap ruang kelas belum dilengkapi LCD menyebabkan guru jarang menggunakan media Powerpoint pada kegiatan pembelajaran. Guru memilih untuk menggunakan alat bantu mengajar yang bersifat konvensional seperti spidol dan memanfaatkan papan tulis dengan menerapkan metode ceramah. Hal ini kemudian berpengaruh pada rendahnya hasil belajar siswa pada materi Islamisasi di Nusantara yang belum mencapai KKM yaitu 75. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diperlukan inovasi terkait penggunaan media pembelajaran. Media pembelajaran sejarah berbasis Lectora Inspire ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi guru agar menghasilkan media pembelajaran yang bersifat mandiri untuk membantu siswa memahami materi pelajaran.

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran sejarah berbasis Lectora Inspire menjadi dapat digunakan sebagai sumber belajar pendukung pada materi Islamisasi di Nusantara; (2) mengetahui efektivitas media pembelajaran sejarah berbasis Lectora Inspire pada kegiatan pembelajaran kelas X di SMKN 7 Malang, dan (3) mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas X di SMKN 7 Malang setelah menggunakan media pembelajaran sejarah berbasis Lectora Inspire. 

Model penelitian dan pengembangan ini mengacu kepada model yang dikembangkan oleh Sadiman yang dimodifikasi oleh peneliti. Adapun prosedur penelitian dan pengembangan ini, meliputi: (1) identifikasi kebutuhan; (2) perumusan tujuan; (3) perumusan butir-butir materi; (4) perumusan alat pengukur keberhasilan; (5) penulisan naskah media; (6) produksi; (7) validasi ahli; (8) revisi; (9) tes/uji coba, dan (10) produk akhir. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes tertulis terdiri atas pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif.

Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran berbasis Lectora Inspire yang diberi nama “Lentera Sejarah”. Media tersebut telah divalidasi oleh ahli materi dengan memperoleh persentase sebesar 94.11% dan ahli media dengan memperoleh persentase sebesar 73,68% sehingga dinyatakan cukup valid dan dapat diujicobakan. Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 85,71% dan hasil uji coba kelompok besar diperoleh persentase sebesar 86,58%. Berdasarkan hasil pretest dan posttest menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari 61,18% menjadi 81,27%. Adanya peningkatan tersebut berdasarkan kriteria validitas produk menurut Arikunto, media pembelajaran sejarah ini efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran.