SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ATLAS SEJARAH BERBASIS ArcGIS 10.5 PADA MATERI KERAJAAN MATARAM ISLAM UNTUK KELAS X SMA/SMK SEJARAH INDONESIA

Anik Nur Elis

Abstrak


Abstrak

 

Elis, Anik Nur. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Atlas Sejarah Berbasis ArcGIS 10.5 Pada Materi Kerajaan Mataram Islam Untuk Kelas X SMA/SMK Sejarah Indonesia. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Ari Sapto, M. Hum.

 

Kata Kunci: media, atlas sejarah, Kerajaan Mataram Islam, ArcGIS 10.5, kelas X, Sejarah Indonesia

 

            Pembelajaran sejarah merupakan salah satu aspek penting dalam dunia pendidikan dalam rangka menanamkan sikap nasionalis dengan mempelajari peristiwa di masa lalu. Sejarah yang pada dasarnya memiliki tiga komponen utama yaitu manusia, ruang, dan waktu menjadikan sejarah itu istimewa karena hanya terjadi satu kali (einmalig). Sehingga penting kiranya untuk  menghadirkan ketiga aspek tersebut secara berimbang dalam pembelajaran di kelas. Untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaannya di lapangan dengan prosedur pengumpulan data awal yang dilakukan terdapat fakta jika aspek keruangan masih belum optimal.

            Dalam rangka optimalisasi ketiga aspek dalam pembelajaran tersebut, maka dilakukanlah penelitian dan pengembangan. Penelitian ini menggunakan konsep penelitian deskriptif kuantitatif yang memuat data angka sebagai acuan penilaian produk kemudian dideskripsikan dalam menjabarkan hasil penelitian. Adapun acuan yang digunakan dalam prosedur penelitian dan pengembangan ini dengan mengadopsi model penelitian Borg & Gall (1983), yang kemudian disesuaikan dengan kemampuan dari peneliti. Sehingga dirumuskanlah langkah-langkah penelitian dalam sepuluh tahap yang meliputi (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk akhir, (10) diseminasi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Atlas Sejarah Kerajaan Mataram Islam, sebagai media pembelajaran yang menunjang pemahaman peserta didik mengenai aspek keruangan dalam sejarah sebagai setting tempat terjadinya suatu peristiwa. Untuk itu produk yang dikembangkan perlu diuji kelayakan dan keefektifannya sebagai alternatif media pembelajaran yang ditujukan untuk kelas X SMA/SMK pada mata pelajaran Sejarah Indonesia.

Pemilihan materi dan produk dengan berdasar kepada permasalahan yang ada serta potensi yang memungkinkan di lapangan akan tetapi masih belum dioptimalkan penggunaannya. Untuk pengadaannya media yang berbasis cetak ini, pada konsep peta yang merupakan bagian inti dari produk untuk desainnya ditunjang dengan aplikasi ArcGIS 10.5. Dengan demikian peta yang nantinya terintegrasi dalam atlas sejarah tersebut memiliki standar akurasi peta yang baik dengan memuat unsur judul, legenda, garis bujur, garis lintang, dan sumber rujukan. Selain itu konsep produk juga dilengkapi dengan fitur penunjang tentang penjabaran materi dan informasi yang relevan.

Setelah konsep desain produk telah direalisasikan maka prosedur yang dilakukan adalah dengan melakukan validasi desain yang terdiri dari validasi materi dan validasi media. Validator materi dalam penelitian ini dilakukan oleh Dr. Ari Sapto, M. Hum yang merupakan dosen Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Hasil penilaian dari ahli materi dengan presentase 86,6% dengan kategori sangat valid tanpa revisi. Sedangkan untuk validasi media dilakukan oleh Ulfatun Nafi’ah, M.Pd yang merupakan dosen Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Penilaian dari ahli media ini diperoleh dengan presentase 84,6% dengan kategori sangat valid tanpa revisi. Selain penilaian angka kritik dan saran juga diberikan oleh para validator ahli baik ahli materi maupun ahli media yang dijadikan sebagai acuan dalam merevisi produk.

Perkembangan lebih lanjut produk yang sudah direvisi kemudian diuji cobakan di lapangan dalam dua tahap, yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Uji coba kelompok kecil pada penelitian ini melibatkan 8 responden dengan komposisi 3 diantaranya adalah Mahasiswa PPG Pendidikan Sejarah dan 5 diantaranya adalah peserta didik kelas X di SMAN 1 Lawang yang dilakukan secara acak. Sedangkan untuk uji coba kelompok besar dilakukan di kelas X IIS 4 dengan jumlah responden yang terlibat ada 34 peserta didik. Penilaian yang diperoleh pada uji coba kelompok kecil adalah 88,4% dan uji coba kelompok besar dengan presentase 86,8%. Kedua presentase tersebut menjadikan produk yang dikembangkan termasuk dalam kategori media yang layak dan valid untuk digunakan.

Dengan perolehan angka-angka tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Atlas Sejarah merupakan media yang layak dan valid untuk digunakan dalam menunjang pembelajaran sejarah. Terutama dalam menunjang aspek spasial secara berimbang dengan aspek manusia dan waktu. Sehingga besar harapan agar kelanjutan dari produk ini dapat digunakan dan disebarluaskan lagi dalam ranah pendidikan yang lebih luas dan menyeluruh. Perbaikan dan penyempurnaan tentu saja perlu dilakukan, karena peneliti menyadari bahwa produk yang dikembangkan memiliki kekurangan dan kelebihan.

Terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam melaksanakan penelitian dan mengembangkan produk, yaitu memahami keadaan di lapangan secara menyeluruh. Terutama dalam dunia pendidikan penting kiranya untuk memperhatikan dari segala aspek dan sudut pandang dari para praktisi pendidikan guna mendapatkan gambaran secara menyeluruh mengenai perkembangan dan kebutuhan di lapangan. Sehingga produk yang dikembangkan sebagai solusi alternatif dalam pembelajaran yang digunakan kiranya dapat memenuhi kebutuhan pembelajaran secara merata. Karena kondisi di setiap sekolah dan setiap daerah tidak sama, seperti keberadaan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran.