SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERKEMBANGAN YAYASAN PENDIDIKAN MUJAHIDIN DI DUSUN PARIMONO DESA PLANDI KECAMATAN JOMBANG KABUPATEN JOMBANG TAHUN 1994-2016

FAHMI KHAFIDHI HILMI

Abstrak


ABSTRAK

 

Hilmi, FahmiKhafidhi. 2017. Perkembangan Yayasan Pendidikan Mujahidin Di Desa Plandi Kabupaten Jombang Tahun 1994-2016. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Drs.Marsudi, M.Hum.

 

Kata Kunci: Perkembangan, Yayasan Pendidikan Mujahidin, Jombang.

 

Yayasan Mujahidin merupakan sebuah lembaga yang mengafiliasikan antara pendidikan agama dan pendidikan akademis. Dalam hal ini sistem yang digunakan pada proses pembelajaran yang dilakukan mengacu pada syariat islam tanpa mengesampingkan kurikulum yang sedang berlaku. Yayasan ini didirikan oleh Kiai Abdul Mu’in pada tahun  Di desa Plandi, Kabupaten Jombang.

Penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah yang akan dibahas yaitu (1) Bagaimana gambaran umum Kabupaten Jombang, (2) Bagaimana sejarah awal Yayasan Pendidikan Mujahidin (3) Bagaimana perkembangan Yayasan Pendidikan Mujahidin.

Metode penelitian yang dipakai adalah metode penelitian sejarah sejarah yang meliputi lima tahap yaitu (1) Pemilihan topik (2) Pengumpulan sumber (3) Verifikasi (kritik sejarah, keabsahan sumber) (4) Interpretasi (analisis dan sintesis) (5) Penulisan atau Historiografi.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut; (1) latar belakang berdirinya Yayasan Pendidikan Mujahidin dimulai dari Madrasah Ibtida’iyah Mujahidin yang merupakan ide dari Kyai Abdul Mu’in,beliau adalah kepala sekolah pertama MI Mujahidin Jombang. Sepeninggal Kiai Abdul Mu’in pada tahun 1994 secara resmi Yayasan Pendidikan Mujahidin berdiri; (2) Pada awal berdirinya MI hanya mempunya 2 gedung, sebelum bernama Mujahidin sekolah madrasah disebut Madrasah Ibtida’iyah Nahdhotul Ulama’ (MINU). Pada tahun 1980 MINU berganti menjadi Mujahidin; (3) Madrasah Ibtida’iyah Mujahidin adalah madrasah yang dipimpin oleh kepala madrasah yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Yayasan Pendidikan Mujahidin. Seiring perkembangan madrasah yang berada dibawah tanggung jawab yayasan, pada saat Kiai Abdul Mu’in menjadi kepala madrasah maka perenovasian dilakukan secara bertahap hingga digantikan Drs. Chozein Ma’soem. Pada periode Drs.H. Iskiran tidak terlalu menunjukkan perkembangan secara pesat. Dan saat digantikan Dr. H. Abd Adzim M.Si perkembangan sarana prasarana, gedung baru madrasah dan lab komputer telah dibangun, pada saat ini pembangunan terus dilakukan oleh Yayasan dan Madrasah Ibtida’iyah Mujahidin guna menunjang pendidikan di Kabupaten Jombang khususnya di Desa Plandi.

Adapun saran bagi peneliti selanjutnya dengan tema yang sama, bisa mengembangkan penulisan mengenai perkembangan madrasah dan mengkaji sejarah berdirinya serta kontribusi untuk masyarakat sekitar lingkungan Yayasan Mujahidin yang akan menambah wawasan baru bagi pembaca.