SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

DINAMIKA FUNGSI BALAI PENELITIAN SAPI POTONG DI KECAMATAN GRATI KABUPATEN PASURUAN TAHUN 1995-2002

septian mauliddin mulyantono

Abstrak


ABSTRAK

 

Mulyantono, Septian Mauliddin. 2017. Dinamika Fungsi Balai Penelitian Sapi Potong di Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan Tahun 1995-2002. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Yuliati, M.Hum

 

Kata Kunci : Dinamika, Balai, Penelitian, Sapi Potong, Grati

 

Balai Penelitian Sapi Potong Grati merupakan Instansi pemerintah yang sudah lama berdiri dan telah banyak mengalami pergantian nama yang berdampak pada fungsinya. Dinamika pada Instansi ini terjadi seperti halnya pada lembaga-lembaga pemerintah lainnya, karena lembaga-lembaga pemerintah sangat tergantung pada kebijakan yang diambil pada masa itu.

Penelitian ini memiliki dua rumusan masalah yang dikaji yaitu (1) Bagaimana dinamika fungsi Balai Penelitian Sapi Potong Grati dari tahun 1995-2002? (2) Bagaimana sumbangsih Balai Penelitian Sapi Potong ini kepada masyarakat khususnya didalam bidang pendidikan? Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan (1) Untuk mengetahui dinamika fungsi Balai Penelitian Sapi Potong Grati dari tahun 1995-2002. (2) Untuk mengetahui kontribusi balai ini kepada masyarakat khususnya dalam bidang Pendidikan.

Penulis dalam penelitian ini menggunakan metode historis. Metode historis meliputi pemilihan topik, heuristik (pengumpulan sumber), verifikasi (kritik sumber) meliputi kritik ekstern untuk menilai keauntetikan sumber dan kritik intern untuk menilai kebenaran isi sumber. Interpretasi yaitu mencari makna dari fakta-fakta yang telah diperoleh, dan historiografi yaitu penulisan sejarah. Pengumpulan data juga dilakukan melalui wawancara terhadap informan yang sesuai dengan topik penelitian.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut didapatkan kesimpulan bahwa perubahan nama yang terjadi pada Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian Grati menjadi Loka Penelitian Sapi Potong Grati sangat berpengaruh terhadap struktur organisasi, fungsi, tugas, dan beberapa aspek yang ada di lembaga ini. Selain itu kontribusi lembaga ini juga sangat besar terhadap masyarakat dan implementasinya terhadap pendidikan. Dengan adanya penelitian ini disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk bisa mengembangkan aspek sosial masyarakatnya, serta lebih memberikan data terkait hubungan politik dan ekonomi negara terhadap kelangsungan perkembangan lembaga milik negara.