SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF BERBASIS PREZI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X RPL SMKN 2 SINGOSARI MALANG

Jailani Abdul Azis

Abstrak


ABSTRAK

 

Abdul A, Jailani. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video

Interaktif Berbasis Prezi dalam Pembelajaran Sejarah terhadap Hasil

Belajar Siswa Kelas X-RPL SMKN 2 Singosari-Malang. Skripsi, Jurusan Sejarah, Progam Studi S1 Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Mashuri, M.Hum.

Kata Kunci: Media Pembelajaran Video Interaktif Berbasis Prezi, pembelajaran sejarah, Hasil Belajar Siswa.

Matapelajaran sejarah adalah matapelajaran yang menanamkan pengetahuan nilai-nilai mengenai proses perubahan dan perkembangan masyarakat indonesia dan dunia dari masa lampau hingga saat ini. Fakta yang terjadi disekolah-sekolah sering ditemui berbagai permasalahan dalam proses pembelajaran sejarah di kelas. Salah satu permasalahan yang terjadi adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran yang kurang efektif dan efisien. Para guru matapelajaran sejarah masih sering menggunakan media pembelajaran konvensional dan berpusat pada guru. Akibatnya siswa hanya bersikap pasif dalam menerima pelajaran dari guru. Untuk itu peneliti melakukan penelitian di SMK Negeri 2 Singosari Malang dengan menggunakan media pembelajaran video interaktif berbasis prezi untuk mengetahui pengaruh media tersebut terhadap hasil belajar siswa. Terdapat tiga rumusan masalah dalam penelitian ini. Pertama, Bagaimana hasil belajar sejarah siswa X-RPL SMKN 2 Singosari yang diajar dengan tidak menggunakan media pembelajaran Video Interaktif Berbasis Prezi. Kedua, Bagaimana hasil belajar siswa kelas X-RPL SMKN 2 Singosari yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran Video Interaktif Berbasis Prezi. Ketiga, Bagaimana pengaruh media pembelajaran Video Interaktif Berbasis Prezi dalam pembelajaran sejarah terhadap hasil belajar siswa kelas X-RPL SMKN 2 Singosari. Model penelitian yang dipakai adalah Kontrol Group Pre-Test Post-Test. Perlakuan dilaksanakan dua kali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X RPL SMK Negeri 2 Singosari, Malang. Pemilihan kedua kelas penelitian menggunakan teknik

purposive sampling. Purposive sampling merupakan teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Dalam penelitian ini dasar pertimbangan penelitiannya adalah menggunakan dua kelas dengan jumlah nilai rata-rata ujian akhir semester yang hampir sama. Data penelitian diperoleh dari tes hasil belajar berupa hasil pre-test dan post-test . Teknik analisis yang digunakan adalah uji t (paired Sample T-test) yang dapat diselesaikan menggunakan bantuan software SPSS 16.0. Hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan (positif). Hal tersebut dapat diketahui dari nilai ttabel sebesar -1,993 dan thitung sebesar -11,230 menunjukkan bahwa (-thitung < -ttabel) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Setelah melaksanakan penelitian dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa pengaruh penggunaan media pembelajaran video interaktif berbasis prezi di SMK Negeri 2 Singosari khususnya pada kelas eksperimen yaitu kelas X RPL 2 memberikan pengaruh yang positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa