SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

DinamikaBudidayaPenanamanTembakau Dan PengaruhnyaTerhadapSosial-EkonomiPetani diBojonegoroPadaTahun 1980-2015

irsa anata bahtiar

Abstrak


ABSTRAK

Bahtiar, IrsaAnata. 2017. DinamikaBudidayaPenanamanTembakau Dan PengaruhnyaTerhadapSosial-EkonomiPetani diBojonegoroPadaTahun 1980-2015.Skripsi, JurusanSejarah, FakultasIlmuSosial, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. JokoSayono, M.Pd.,M.Hum.

 

Kata Kunci: Tembakau, Sosial-Ekonomi, Bojonegoro.

 

Tanamantembakaumemilikidayatariktersendiribagiparapetani yang ada di KabupatenBojonegoro. Tembakaumenjadikomoditi yang diunggulkanolehparapetanitembakau di wilayahKabupatenBojonegoro. Tanamantembakausangatberpengaruhterhadapperekonomianparapetaniitusendirimaupunperekonomiandaerah. Tanamantembakau di KabupatenBojonegorodikenalmemilikikualitas yang sangatbaik di Indonesia. Kajianmengenaitanamantembakau di KabupatenBojonegoromasihbelumbanyakditeliti. Berkaitanitu, makapenelitianinidilakukanuntukmengetahuilebihjelastentangsejarahtanamantembakau di KabupatenBojonegorodanpengaruhnyaterhadapsosial-ekonomi.

Penelitianinidilakukanuntukmencarijawabanatasbeberapamasalah yang ada. (1) Bagaimanasejarahadanyatanamantembakau di KabupatenBojonegoro. (2) Bagaimanaperkembanganbudidayatanamantembakaudi KabupatenBojonegoro. (3)Bagaimanakondisisosial-ekonomipetanitembakau di kabupatenBojonegoro.

Penelitianiniterdiriatasbeberapatahapyaituheuristik, kritik, intepretasi, danhistoriografi.Berdasarkanhasilpenelitianini, diperolehtigakesimpulansebagaiberikut: (1) Belandamengembangkantanamantembakau di daerah-daerah yang memilikipotensi. Belandamembentuksebuahbalaipenelitian yang bertujuanuntukmengembangkantanamantembakau di daerahpotensitersebut. KabupatenBojonegoromenjadisalahsatudaerah yang potensiuntukdikembangkantanamantembakau. TanamantembakaudijadikanBelandasebagaikomoditiekspor. (2)Perkembangantanamantembakau di KabupatenBojonegoromengalamipeningkatan yang signifikandariluas areal maupunhasilproduksinya. Tanamantembakau di KabupatenBojonegoromengalamipuncakproduksinyapadaperiode 70-an. Tanamantembakau di KabupatenBojonegoromengalamipenurunanproduksipadaperiode 80-an akhir. Penyebabturunyaproduksitanamantembakauadalahdariiklimdandaripetaniitusendiri. Hinggasaatiniperkembangantembakau di kabupatenBojonegoromengalamipasangsurutataufluktuatif. (3) Tanamantembakausangatberpengaruterhadapperekonomianpetanitembakau yang ada di kabupatenBojonegoro. Tanamantembakaujugamenyerapbanyaktenagakerjamulaidaripenanamanhinggapengolahan.

Saran yang dapatdiberikanadalahmenggunakanhasilpenelitianinisebagaiilmupengetahuan yangdapatmemberikanwawasanbagimasyarakatterutama yang berada di KabupatenBojonegoro. Penelitianinijugadapatdijadikansebagaipedomanuntukpenelitianselanjutnyadalamlingkup yang sama.