SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Proses Pembelajaran Sejarah (Persiapan, Pelaksanaan, Dan Evaluasi) di SMA Negeri 1 Sukapura Kabupaten Probolinggo

Hoirul soleha Ningsih

Abstrak


      

 

Abstrak

 

Guru sejarah di SMAN 1 Sukapura Kabupaten Probolinggo hanya ada satu dan mengajar semua kelas dari kelas X-XII, guru mempunyai beban mengajar 38 jam. Kurikulum yang digunakan 2013 dan KTSP. Jumlah beban mengajar yang sangat tinggi pada guru matapelajaran sejarah berimbas pada rendahnya efektifitas guru dalam merancang proses pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan karakteristik siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Tehnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan Pengecekan temuan data menggunakan uji kredibilitas data dengan melakukan kegiatan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan persiapan pembelajaran yang dilakukan guru dengan membuat perangkat pembelajaran silabus sesuai dengan Permendikbud. Rancangan persiapan pembelajaran yang dibuat guru sudah lengkap, namun penggunaan metode yang rancang guru kurang bervariasi, kurang maksimal, cakupan materi yang disusun guru terlalu luas. Pelaksanaan pembelajara menggunakan langkah-langkah kegiatan sesuai dengan yang disusun dalam RPP. Evaluasi pembelajaran yang sudah guru rancang tidak digunakan sebagai pedoman alat untuk memperbaiki pelaksanaan pembelajaran kerah yang lebik baik.

 

Kata Kunci: proses, pembelajaran sejarah, Kabupaten Probolinggo.