SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Tracking Ball Pyramid pada Pembelajaran Sejarah Materi Pokok Perkembangan Kerajaan Singhasari di Indonesia Kelas X SMK Negeri 11 Malang

DAVID KRISTIANTO

Abstrak


ABSTRAK

 

Kristianto, David. 2017. Pengembangan Media Tracking Ball Pyramid pada Pembelajaran Sejarah Materi Pokok Perkembangan Kerajaan Singhasari di Indonesia Kelas X SMK Negeri 11 Malang. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs.Slamet Sujud Purnawan Jati, M.Hum

 

Kata Kunci: media pembelajaran, tracking ball pyramid, Kerajaan Singhasari

 

Matapelajaran sejarah di Sekolah Menengah Kejuruan masihdianggap kurang menarik oleh peserta didik, penyebabnya seperti kurangnya penggunaan media oleh pendidik dan materi pelajaran klasik yang memang sulit dipahami oleh peserta didik sendiri. Pentingnya inovasi media pembelajaran adalah untuk menarik perhatian peserta didik dalam belajar sejarah di kelas. Dari permasalahan tersebut, pendidik sebaiknya mampu merancang sebuah media yang menunjang kegiatan belajar, sehingga pendidik memiliki alternatif dalam menyampaikan materi melalui media yang baru. Oleh karena itu, media Tracking Ball Pyramid dirancang dan digunakan untuk pendidik sebagai inovasi pembelajaran yang bertujuan melibatkan seluruh peserta didik aktif serta pelajaran sejarah yang memuat materi klasik seperti perkembangan Kerajaan Singhasari tidak membosankan.

            Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa mediaTracking Ball Pyramidpada pembelajaran sejarahmateri Kerajaan Singhasari untuk kelas X SMK Negeri 11 Malang. Selain itu juga untuk mengetahuiefektivitas produkberupa mediaTracking Ball Pyramid pada pembelajaran sejarah materi perkembangan Kerajaan Singhasari di Indonesia kelas X SMK Negeri 11 Malang.

Penelitian ini menggunakan model pengembangan yang terdiri dari sepuluh (10) tahap prosedur penelitian pengembangan, yakni (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) produksi massal.Subyek dalam penelitian ini adalah media Tracking Ball Pyramid. Sedangkan objek penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Negeri 11 Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan tahap wawancara, observasi, dan angket validasi.

Media Tracking Ball Pyramid ini berupa permainan yang dikemas dalam pembelajaran sejarah dengan bentuk visual yang terdiri dari papan permainan dan buku petunjuk berisikan Kerajaan Singhasari sebagai materi inti. Berdasarkan penelitian dan pengembangan ini, hasil uji validasi materi pada media Tracking Ball Pyramid menunjukkan rata-rata persentase senilai 94,8%, sehingga materi dapat digunakan dengan revisi berdasarkan saran dari ahli materi. Sementarahasil validasi media menunjukkan rata-rata persentase senilai 82,2% yang artinya memiliki kriteria layak sebagi media pembelajaran. Dari hasil uji coba produkkelompok kecil, media Tracking Ball Pyramid mendapatkan skor rata-rata 85,5% dan uji coba kelompok besar mendapatkan skor rata-rata 86,6% yang artinya efektif dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran sejarah di sekolah.