SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Peta Digital Tematik Pembelajaran Sejarah Berbasis Android Materi Persebaran Situs Hindu-Budha di Malang Raya Kelas XII IIS SMA Negeri 1 Tumpang

Mochamad Hanafi

Abstrak


ABSTRAK

 

Hanafi, Mochamad. 2017. Pengembangan Media Peta Digital Tematik Pembelajaran Sejarah Berbasis Android Materi Persebaran Situs Hindu-Buddha di Malang Raya kelas XI IIS SMAN 1 Tumpang. Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Deny Yudo Wahyudi, S.Pd., M.Hum.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Peta Tematik, Digital, Situs, Hindu-Budha, Android

 

Media pembelajaran acapkali diabaikan dalam proses pembelajaran sejarah. Hal tersebut dikarenakan pendidik tidak memiliki media pembelajaran yang interaktif dan menarik bagi peserta didik, sehingga pembelajaran yang ada di kelas terkesan membosankan. Selain itu media pembelajaran dapat mempermudah peserta didik dalam memvisualisasikan peristiwa, khususnya yang terkait dengan tempat (space). Penggunaan peta digital tematik berbasis android ini dapat mempermudah peserta didik untuk memvisualisasikan letak persebaran situs peninggalan sejarah. Selama ini pendidik menggunakan peta yang ditampilkan di dalam powerpoint dalam menyampaikan materi persebaran situs pninggalan Hindu-Budha. Menurut peserta didik kelas XI IIS SMAN 1 Tumpang menampilkan peta dalam powerpoint tersebut kurang informatif dan efektif .

Terdapat dua tujuan dalam penelitian ini, pertama, menghasilkan produk berupa aplikasi peta digital tematik berbasis android. Kedua, mengetahui efektifitas setelah menggunakan media peta digital tematik tersebut dalam prosem pembelajaran sejarah.

Metode dari penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan ini adalah potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar validasi ahli materi, ahli media, repon peserta didik berupa angket mengenai efektivitas media.

Penelitian dan pengembangan media peta digital tematik pembelajaran sejarah berbasis androidini telah melalui beberapa uji coba. Hasil dari validasi ahli materi dan validasi ahli media mendapat nilai persentase 92,5% dan 92,5% berdasarkan dari hasil tersbut menunjukkan bahwa media peta digital berbasis android ini dinyatakan sangat valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Dari uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar yang dilakukan pada SMAN 1 Tumpang, hasil yang didapat untuk uji coba kelompok kecil menadapatkan hasil nilai persentase sebesar 84,5% dan untuk uji coba kelompok besar mendapatkan nilai persentase sebesar 87,21%  menunjukkan bahwa media tersebut sangat valid. Sehingga dapat disimpulkan media peta didital tematik pembelajaran sejarah berbasis android materi Persebaran Situs Hindu-Buddha di Malang Raya layak digunakan sebagai media pembelajaran sejarah.