SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Berbasis E-learning dengan Menggunakan Aplikasi Telegram pada Matapelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Kauman tulungagung

Dhyki Ardhyansyah Saputro

Abstrak


ABSTRAK

 

Saputro, Dhyki Ardhyansyah. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Berbasis E-learning dengan Menggunakan Aplikasi Telegram pada Matapelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Marsudi, M.Hum

 

Kata Kunci: bahan ajar, e-learning, aplikasi telegram

 

Pendidik memiliki tanggung jawab mempersiapkan bahan ajar yang diperlukan dalam kegiatan pembelajaran. Namun seringkali pendidik mengabaikan peran dari bahan ajar yang harus digunakan peserta didik untuk kegiatan pembelajaran. Hal ini dikarenakan bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran tergantung pada buku teks pelajaran dan lembar kerja siswa yang kurang menarik. Dengan demikian dibutuhkan sebuah inovasi dalam mengemas bahan ajar yang menarik dengan memanfaatkan teknologi dan memudahkan peserta didik untuk mencari dan memahami materi dengan lebih cepat dan tepat. Berdasarkan pertimbangan tersebut, maka peneliti melakukan pengembangan bahan ajar pembelajaran berbasis e-learning dengan menggunakan aplikasi telegram.

Terdapat dua tujuan dalam penelitian ini, pertama, menghasilkan sebuah produk bahan ajar pembelajaran berbasis e-learning dengan menggunakan aplikasi telegram pada matapelajaran sejarah. Kedua, mengetahui motivasi belajar peserta didik setelah menggunakan bahan ajar pembelajaran berbasis e-learning dengan menggunakan aplikasi telegram pada matapelajaran sejarah.

Metode dari penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan ini adalah potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk akhir, dan produksi masal. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar validasi ahli materi dan ahli media, serta respon peserta didik berupa angket tanggapan peserta didik dan angket motivasi.

Produk yang dihasilkan dalam penelitian dan pengembangan ini setelah dilakukan revisi berupa bahan ajar pembelajaran berbasis e-learning dengan menggunakan aplikasi telegram pada matapelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung. Isi dari bahan ajar ini meliputi petunjuk bahan ajar, kompetensi, materi, info sejarah, dan latihan soal. Produk tersebut telah dilakukan validasi materi dan validasi media, serta uji coba pemakaian. Adapun hasil validasi ahli materi menunjukkan rata-rata persentase sebesar 94% dan validasi ahli media menunjukkan rata-rata persentase sebesar 73,85%. Hasil uji coba produk kelompok kecil menunjukkan rata-rata persentase sebesar 82,40% dan hasil uji coba pemakaian kelompok besar menunjukkan rata-rata persentase sebesar 87,78%. Diperoleh data motivasi belajar awal peserta didik sebesar 74,62% dan motivasi belajar akhir peserta didik sebesar 81,69%. Berdasarkan hasil uji coba tersebut menunjukkan bahwa produk bahan ajar ini masuk dalam kategori valid dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik.tematik pembelajaran sejarah berbasis android materi Persebaran Situs Hindu-Buddha di Malang Raya layak digunakan sebagai media pembelajaran sejarah.