SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Tahun Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas X MIPA 1 SMA Brawijaya Smart School Tahun Ajaran 2016/2017

Nadya Afiqma Wahda

Abstrak


ABSTRAK

 

Wahda, Nadya Afiqma. 2017. Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Tahun Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas X MIPA 1 SMA Brawijaya Smart School Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Sejarah, Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Mashuri, M.Hum.

Kata kunci: analisis butir soal, penilaian akhir tahun, sejarah Indonesia

 

Kegiatan evaluasi mempunyai peranan penting dalam bidang pendidikan. Pada kurikulum 2013, salah satu komponen evaluasi pembelajaran adalah penilaian autentik. Penilaian Akhir Tahun (PAT) adalah salah satu dari bagian penilaian autentik. PAT merupakan bentuk penilaian sumatif berupa tes kemampuan kognitif yang berfungsi untuk mengukur ketercapaian kompetensi belajar siswa. Sesuai dengan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian, maka PAT harus memiliki persyaratan substansi, konstruksi, dan bahasa, serta memiliki bukti validitas empirik.

SMA Brawijaya Smart School adalah satu-satunya SMA swasta mandiri yang mengajukan diri sebagai Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK) sejak tahun 2016 di kota Malang. SMA BSS mulai menerapkan sistem SPK pada proses belajar mengajar sejak Tahun Ajaran 2016/2017 hanya pada kelas model X MIPA 1. PAT Sejarah Indonesia kelas X MIPA 1 perlu untuk diteliti lebih lanjut, sebab PAT Sejarah Indonesia tersebut belumdiuji validitasnya untuk mengetahui kelayakan soal-soal yang diujikan. Hal ini dapat menyebabkan hasil belajar siswa yang didasarkan atas PAT kurang terukur dengan baik, disebabkan oleh rendahnya ketepatan soal dalam mengukur kemampuan dan hasil belajar siswa yang sesungguhnya. Dengan demikian, penelitian yang berjudul Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Tahun Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas X MIPA I SMA Brawijaya Smart School Tahun Ajaran 2016/2017 dilakukan.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis butir soal secara kualitatifberdasarkan kesesuaian kurikulum dengan kisi-kisi soal, proporsi butir soal terhadap kisi-kisi, telaah butir soal aspek materi, konstruksi dan bahasa dan (2) menganalisis butir soal secara kuantitatifberdasarkan indeks tingkat kesukaran, indeks daya beda, dan efektivitas distraktor terhadap Penilaian Akhir Tahun Mata Pelajaran Sejarah Indonesia kelas X MIPA I SMA Brawijaya Smart School Tahun Ajaran 2016/2017.

Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (mixed methods) dan jenis penelitiannya adalah penelitian eksploratif. Peneliti hanya akan memaparkan data hasil analisis untuk mengetahui kualitas butir soal PATberdasarkan analisis butir soal kualitatif dengan menggunakan teknik panel dan lembar telaah butir soal sebagai instrumennya. Sedangkan, analisis butir soal kuantitatif (empiris) dilakukan dengan bantuan aplikasi ANATES v.4.0.9.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas butir soal pada tingkat kesesuaian Kurikulum 2013 dengan kisi-kisi soal adalah rendah, proporsi jumlah butir soal terhadap kisi-kisi soal untuk materi masa Pra-memiliki prosentase 28%, materi masa kerajaan Hindu-Buddha sebesar 36% dan materi masa kerajaan Islam sebesar 36% dan proporsi jumlah butir soal untuk ranah kognitif C3 (aplikasi) adalah 36%, ranah kognitif C4 (analisis) sebesar 33%, dan ranah kognitif C5 (sintesis) sebesar 31%. Relevansi butir soal aspek materi sebesar 88,3%, aspek konstruksi sebesar 93,1%, dan aspek bahasa sebesar 95,3%. Hasil analisis butir soal dengan menggunakan aplikasi ANATES v.4.0.9. menunjukkan bahwa tingkat kesukaran (ITK) butir soal berkategori baik sebesar 82,2 %, daya beda (IDB) butir soal yang berkategori baik sebesar 48,9%, dan efektivitas distraktor yang berfungsi secara efektif sebesar 57,8 %.