SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Problematika Guru dalam Pengelolaan Kelas pada Pembelajaran Sejarah Kelas X di SMK Negeri 7 Malang

Ardhaniswara Ardhaniswara

Abstrak


ABSTRAK

 

Ardhaniswara. 2017. Problematika Guru dalam Pengelolaan Kelas pada Pembelajaran Sejarah Kelas X di SMK Negeri 7 Malang. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Dewa Agung Gede Agung, M.Hum.

 

Kata Kunci: Pengelolaan Kelas, Pembelajaran Sejarah, Guru

 

            Pengelolaan kelas pada pembelajaran sejarah sangat perlu dilakukan agar terwujud suatu pembelajaran sejarah yang efektif, kondusif, serta menyenangkan. Gambaran pembelajaran sejarah yang membosankan kiranya menjadi beban tersendiri bagi guru sejarah untuk menciptakan suatu pembelajaran yang menarik. Faktanya, ketika berada di dalam kelas guru dihadapkan dengan berbagai permasalahan yang muncul baik dari siswa, guru sendiri, maupun sarana prasarana yang ada. Kiranya disinilah pengelolaan kelas yang baik sangat dibutuhkan.

Penelitian ini dilakukan di lima kelas berbeda pada kelas X yang ada di SMKN 7 Malang antara lain kelas X Kimia Analisis, X Tata Busana, X Jasa Boga, X Multimedia, dan X Teknik Komputer Jaringan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran sejarah di kelas X. Penelitian ini juga memaparkan upaya apa saja yang telah dilakukan oleh guru dalam mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi di dalam kelas serta berbagai kendalanya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif eksploratif. Subyek penelitian ini adalah guru mata pelajaran sejarah kelas X SMKN 7 Malang dan siswa siswi kelas X SMKN 7 Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber.

Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan sebagai berikut: Pengelolaan kelas pada pelaksanaan pembelajaran sejarah, permasalahan yang muncul di lima kelas berbeda relatif sama. Bentuk permasalahan yang terjadi berupa perilaku mencari perhatian. Perilaku tersebut berpotensi akan menimbulkan keributan di dalam kelas. Permasalahan di dalam kelas ini tidak hanya permasalahan individu namun juga permasalahan kelompok, dimana kelas kurang bisa beradaptasi dengan perubahan yang terjadi selama proses pembelajaran. Tidak jarang terjadi reaksi negatif dari siswa ketika guru meminta untuk mengerjakan sesuatu. Kurangnya sarana pembelajaran berupa buku teks sejarah juga menjadi salah satu penyebab munculnya permasalahan di dalam kelas. Upaya yang dilakukan guru antara lain dengan melakukan tindakan yang bersifat korektif dan tutur kata yang persuasif. Faktor yang menghambat guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran sejarah adalah berasal dari siswa sendiri dan terbatasnya fasilitas penunjang pembelajaran.

Dengan mengetahui berbagai permasalahan yang terjadi selama proses pembelajaran diharapkan guru dapat lebih aktif dalam menyiapkan berbagai strategi. Yang mana dapat diterapkan ketika terjadi suatu permasalahan sehingga proses pembelajaran tidak terganggu. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat lebih mempertajam fokus penellitian tidak hanya dari sisi guru namun juga dari sisi siswa.

 

ABSTRACT

 

Ardhaniswara. 2017. Teacher’s Problem in The Classroom Management of History Lesson in 10th Grade of SMKN 7 Malang. Thesis, Bachelor Degree of History Education, Faculty of Social Science, State University of  Malang. Advisor by Drs. Dewa Agung Gede Agung, M.Hum.

 

Keyword: Clasroom Management, History Lesson, Teacher

 

Classroom management in history lesson is needed to do in order to apply the history lesson effectively, condusively, and joyfully. The drawing of history lesson that so boring make a deep onus for the history teacher to create an interesting lesson. In fact, when the teacher is in the classroom, is faced by the problem of student and teacher themselves, despite of tools and media. That’s why the good classroom management is needed.

This action research in held in five different class of the firs grade at SMKN 7 Malang for example X Kimia Analisis, X Tata Busana, X Jasa Boga, X Multimedia, X Teknik Komputer Jaringan. This research is done in order to know about all of the problem that faced by history teacher in classroom management for history lesson in 10th grade. Beside that, this research also explain the effort of the teacher on solving a lot of problem that happenedin the class  and all of obstacles.

This research using qualitative explorative approach. The subject ofthis research is the history teacher of 10th grade in SMKN 7 Malang and the student of 10th grade in SMKN 7 Malang. The technique of collecting data used is observation, dialogue, and documentation. The technique of data analysis is done by data reduction, data presentation, and verification. Data validation checking used source trianggulation technique.

Based on data analysis, can be concluded as follow: classroom management of history lesson teaching learning proscess the problem that arise from five class are the same. The form of the problem happened are attention seeking behavior, this problem rarely make a noise in the classroom. The problem inside the class is not only individually problem but also group problem. Beside class can’t adaptation with the changes happen in teaching learning process. When teacher asked the student to do the task, there is a negative reaction of them. Less of teaching learning tool just like the hand book of history lesson is also one of the cause problem arising at class. The effort of the teacher by doing colective action and persuatif speech. The factor that inhabit teacher in managing  classroom at history lesson comes from the students themselves and the limitation of the facility that support the teaching learning process.

By knowing the various problems that occur during the learning process teachers is expected to be more active in preparing various strategies. Which can be applied when there is a problem so that the learning process is not disturbed. For further researchers, it is suggested that it would be sharpen the focus of research not only from teachers side but also from students side.