SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA INFOGRAFIS UNTUK PEMBELAJARAN BERBASIS SEJARAH DAERAH MENAMPILKAN EKSISTENSI CANDI SONGGORITI DI SMK ARDJUNA 2 MALANG

Moch Tomy Handoko

Abstrak


ABSTRAK

 

Handoko, MochTomy. 2017. Pengembangan Media InfografisuntukPembelajaranBerbasisSejarahLokalMenampilkanEksistensiCandiSonggoriti di SMK Ardjuna 2 Malang. Skripsi, JurusanSejarah, FakultasIlmuSosial, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: AdityaNugrohoWidiadi, S.Pd.,M.Pd.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Infografis, SejarahLokal, CandiSonggoriti.

 

Pembelajaransejaraheratkaitannyadengankegiatanmembacadanmenghafaltekssehinggaminatbelajarpadasiswaperludiperhatikan. Penggunaan media pembelajaransejarahyang tepat pentinguntukmenjadibahankajiankarenaberkaitanlangsungdengankemampuan guru dalammencapai tujuan kegiatanpembelajaran.Di SMK 2 Ardjuna Malang ketersediaan LCD untuk menampilkan media terbatas, sehingga perlu diadakan media pembelajaran yang inovatif dan efisien. Media pembelajaran tersebut bisa berupa media cetak yang praktis dan dapat digunakan tanpa menggunakan aliran listrik maupun koneksi internet.Candi Songgoriti yang menjadi materi dalam media pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai penambah wawasan bagi siswa mengenai situs sejarah lokal di daerah Malang. Salah satu media pembelajaran cetak yang dikembangkan adalah media infografis. Media infografisdalampembelajaransejarahdapatmemudahkansiswadalammempelajarisejarahsecarasingkatdanjelaskarenamemuatkombinasigambardanteksyang dikemas dengan singkat dan jelas.

Adapuntujuandaripengembangandanpenelitianiniadalahmenghasilkan media infografisberbasissejarahlokalmenampilkaneksistensicandidansumbermata air Songgoriti di SMK Ardjuna 2 Malang sebagai media pembelajaran yang praktisdanmemuatinformasiedukatifbagisiswa.

Metode yang digunakandalampenelitiandanpengembangan media pembelajaranpetaini, yaitu: (1) potensidanmasalah, (2) pengumpulan data, (3) desainproduk, (4) validasidesain, (5) revisidesain, (6) ujicobapemakaian, (7) revisiproduk, (8) ujicobapemakaian (9) revisiproduk, (10) produksiakhir. Analisis data yang digunakanadalahkuantitatifdankualitatif yang diperolehdaripenyebarankuesioner.  Berdasarkanhasilvalidasi yang dilakukanolehahlimaterimemperolehpresentase sebesar96%, sehinggamateridalamprodukinilayakuntukdigunakansebagai media pembelajaran. Sedangkanhasilvalidasiolehahlimedia pembelajarandiperolehpersentase 76,7%, sehinggaprodukinisangatlayakdigunakansebagai media pembelajarantanpaperlurevisi.

Berdasarkan hasil ujicoba kelompok kecil, media pembelajaran info grafis tentang Sejarah Candi Songgoriti yang dikembangkan oleh peneliti memperoleh skor rata-rata 43,43 dari rata-rata maksimal yaitu 50, sedangkan persentase yang diperoleh adalah 86,86% dan termasuk dalam kriteria sangat valid. Sedangkan hasil uji coba kelompok besar, media pembelajaran info grafis tentang Sejarah Candi Songgoriti yang dikembangkan oleh peneliti memperoleh skor rata-rata 178,07dari rata-rata maksimal yaitu 200, sedangkan persentase yang diperoleh adalah 89,03% dan termasuk dalam kriteria sangat valid.