SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASISANIMAKER DENGAN MATERI BUDAYAMEGALITIK PADA SISWA KELAS X MAAL MAARIF SINGOSARI

Rika Wulandari

Abstrak


ABSTRAK

 

Wulandari, Rika. 2017. PengembanganVideoPembelajaranSejarahberbasisAnimakerdenganMateriBudayaMegalitikpadaKelas X MA Al MaarifSingosari. Skripsi.JurusanSejarah, FakultasIlmuSosial, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Ismail Lutfi, M.A., (2) Drs. SlametSujudPurnawanJati, M.Hum.

 

Kata Sumber :videopembelajaran, animaker, budayamegalitik.

 

            Pelaksanaanpembelajaransejarah di kelas X8 MA Al MaarifSingosarilebihseringmenggunakan media LKS,powerpoint,sertametodeceramahsehinggapembelajaranterkesanmonoton. Padahalsaatinitelahbanyaktersedia media pembelajaransesuaidengankemajuanIptek.Berdasarkandenganpermasalahantersebutmakadiperlukanadanyavariasi media dalampembelajaransejarah.Video pembelajaransejarahberbasisanimakerdiharapkandapatmenjadi media pembelajaran yang menarikbagisiswa.

Tujuanpenelitiandanpengembanganiniyaitu (1) menghasilkansuatuprodukpengembangan video pembelajaransejarahberbasisanimakerdenganmateribudayamegalitikpadasiswakelas X MA Al MaarifSingosari, (2) mengetahuiefektivitas video pembelajaransejarahberbasisanimakerdenganmateribudayamegalitikpadasiswakelas X MA Al MaarifSingosari.

Untukmencapaitujuantersebut, makadilakukanpenelitiandanpengembangan yang mengadaptasidari model Sugiyono, dengantahapandalam model penelitiandanpengembanganiniyaitu(1) potensidanmasalah, (2) pengumpulan data, (3) desainproduk, (4) validasidesain, (5) revisidesain, (6) ujicobaproduk, (7) revisiproduk, (8) ujicobapemakaian,dan(9) revisiproduk.

            Hasil yang diperolehdaripenelitianini, yaituvideopembelajaransejarahberbasisanimakerdenganmateribudayamegalitik.Video pembelajaranberbasisanimakerinimemberikantampilan video denganpenambahananimasibergeraksertapenyajianmateribudayamegalitik di dalamnya.Videopembelajaraninitergolonglayakdandapatdiimplementasikan.Ahlimaterimemberikannilaisebesar 95% (valid dantidakperlurevisi) danahli media memberikannilaisebesar 85% padatahapvalidasipertama, kemudianpadatahapankeduamemberikannilaisebesar 100% (valid dantidakperlurevisi). Hasilangketpenilaianrespondenujicobamenunjukkanbahwa media pembelajarantergolongdalamkategorilayak.Nilaihasilpersentaseujicobapadakelompokkecilmenunjukkannilaisebesar 91,5%, sedangkannilaihasilpersentaseujicobakelompokbesarmenunjukkannilaisebesar 89,74%dengankategori valid.Jadi,dapatdisimpulkanbahwa video pembelajaransejarahberbasisanimakeriniefektifuntukdigunakandalampembelajaransejarahmateritentangbudayamegalitik.